Aktifitas Pramuka

SBH Siap Jadi Pelopor Hidup Sehat

Banjarnegara – Seiring dengan jargon Banjarnegara menuju kabupaten pramuka, kini setiap instansi dan lembaga mulai bergeliat menunjukkan eksistensi dan semangat menuju tag line tersebut. Tak terkecuali dengan Dinas Kesehatan yg menaungi Saka Bhakti Husada yang berpangkalan di seluruh puskesmas diwilayah Kabupaten Banjarnegara.
Kepala Pusdiklatcab Banjarcahyana Agus Triyono mengatakan, kwarcab bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yg bertujuan untuk mencetak lembina handal khususnya di pangkalan Saka Bakti Husada atau seluruh Puskesmas. “MOU atau kerja sama dalam pendidikan karakter dan kegiatan kepramukaan sudah kami siapkan dan akan diawali dengan kegiatan KMD bagi pamong Saka” ujarnya.
Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) bagi pamong Saka Bakti Husada dihelat pada 7 hingga 12 desember bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab Banjarnegara dan diikuti oleh 40 pamong Saka Perwakilan seluruh Puskesmas dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Ahmad Setiawan berharap kegiatan tersebut nantinya mampu menjadi awal dan peletak bangkitnya wadah pembinaan pramuka dilingkungan Saka Bakti Husada. “kami menunjuk dan mengirimkan kader terbaik di masing masing pangkalan puskesmas yang diharapkan akan mampu memberikan sumbangsih nyata dalam pendidikan karakter generasi muda lewat Satuan Karya Pramuka Bakti Husada” ujarnya.
Selain itu, implementasi nyata yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah mereka mampu memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat dalam bidang kesehatan dengan mengamalkan krida yang ada seperti Krida bina keluarga sehat, krida bina lingkungan sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat serta krida PHBS.
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan berharap peran serta dalam pendidikan generasi muda lewat Saka Bakti Husada diharapkan mampu berjalan dengan baik dan kontinyu. “pemahaman tentang krida yang diharapkan mampu tersosialisasi kepada masyarakat lewat kader yang handal serta kegiatan yang kekinian sesuai dengan perkembangan jaman millenial” ujarnya.
Tantangan yang ada harus dapat dihadapi dengan kreatifitas dan inovasi yang menarik sehingga tidak membosankan dan mudah diterima oleh peserta didik.
Harapan dan implementasi nyata nantinya akan dapat mengimbangi sepak terjang kegiatan pramuka dalam sektor kesehatan dalam upaya membantu program pemerintah.
*ALWAN

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top