Seputar Berita Kwarcab

Adu Ketrampilan di Ajang Pesta Siaga

SLAWI- Sebanyak 360 pramuka siaga ceria dan semangat mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal 2018 yang dihelat di kompleks Sekretariat Pemkab Tegal, Minggu (11/3).

Dengan berbaris rapi, tiap barung mendatangi taman-taman kegiatan. Di sini mereka akan diuji pengetahuan dan keterampilannya oleh para pembina pramuka siaga.

Ada sepuluh taman kegiatan yang harus mereka datangi yakni taman taqwa, seni budaya, ketangkasan, Jateng hebat, scouting skill, baris berbaris, rangking satu, pengamatan daya ingat, tanda pengenal dan bumbung kemanusiaan.

Dalam ajang yang digelar rutin setiap tahun ini, peserta yang merupakan perwakilan dari tiap kwartir ranting (Kwarran) ini beradu keterampilan dan kreativitas secara sportif. Seperti terlihat pada saat mereka mengikuti kegiatan di taman seni budaya. Peserta yang berjumlah 36 barung ini menunjukkan keterampilan dan kreativitasnya menari. Berbagai tarian tradisional seperti Tari Janger, Jaranan, Buta dan Yamko Rambe Yamko.

Tampak para pramuka siaga dengan mengenakan kostum berwarna-warni lihat menarikan tarian khas nusantara. Tak hanya adu terampil dan kreatif, dalam ajang tersebut, pramuka siaga juga diajak untuk hidup tolong-menolong dan gotong royong. Hal ini terlihat pada saat mengikuti kegiatan di taman bumbung kemanusiaan.

Ketua Kwarcab Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono mengatakan, kegiatan yang terbagi dalam sepuluh taman ini diharapkan akan menopang pembentukan karakter dan watak disiplin, cinta tanah air maupun patriotisme.

”Peserta pesta siaga merupakan barung tergiat 1 putra dan putri tingkat kwartir ranting / utusan kecamatan. Setiap barung terdiri atas sepuluh pramuka,” tutur Joko, yang merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal .

Menurut Joko, pelaksanaan kegiatan pesta siaga dimaksudkan sebagai sarana memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik, sehingga diharapkan pramuka siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta mengembangkan dirinya. ”Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin, patriotisme, dan cinta tanah air bagi generasi bangsa,” tegasnya.

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin, M.Si menambahkan, bagi barung tergiat 1,2 dan 3 putra dan putri akan mewakili Kwarcab Tegal diajang yang sama di tingkat Binwil Pekalongan yang dilaksanakan 24 Maret 2018 di Kota Pekalongan.

Sementara itu, pejabat sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng Nugroho Rachmadi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Retno Suprobowati menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan KwarcabTegal itu.

”Pesta siaga ini sebagai wahana bermain sambil belajar bagi anak-anakku pramuka siaga. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah keterampilan kalian, kemampuan kalian dalam bekerjasama. Cermati setiap kali menjawab soal dan jaga kekompakan di setiap permainan,” tuturnya.

Menurutnya ada pesan moral, pesan spiritual dan juga nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan dari setiap permainan. Semua itu sebagai bekal pengetahuan dan bekal pengalaman yang berharga yang akan membantu proses pembentukan karakter di kemudian hari.

Diharapkan, pramuka siaga ini menjadi pribadi yang baik, mandiri dan cakap serta bermanfaat bagi lingkungan, utamanya di lingkungan sekolah dan keluarga. Sebagai anggota pramuka, mereka juga diharapkan menjadi contoh baik di sekolah.

Diantaranya dengan menjadi pribadi yang santun, memiliki akhlak mulia, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Selain itu disiplin, siap membantu sesama dalam kebaikan dan menghormati guru sebagai orang tua di sekolah, menjaga kebersihan sekolah dan cinta lingkungan hidup.

(Humas/CJ1128)

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top