Seputar Berita Kwarcab

Pembina Pramuka Dituntut Kreatif dan Inovatif

BANJARNEGARA – Pembina Pramuka saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membina peserta didik ditengah tantangan era millenials dan kemajuan jaman. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Bidang Organisasi dan Hukum Edi Joko Purnomo saat membuka pelatihan Scouting Skill atau Kursus Ketrampilan Kepramukaan bagi Pembina Gudep Pangkalan SMP/MTs se Kabupaten Banjarnegara kemarin. “Tantangan diera globalisasi menjadi cambuk tersendiri dan motivasi agar pembina pramuka terus membuat karya dan metode terbaik dalam merumuskan pola pembinaan kepada peserta didik” paparnya.
Kursus Ketrampilan Kepramukaan atau Scouting skill gelombang pertama yang diikuti oleh 40 pembina gudep diharapkan mampu menjadi wahana pembina pramuka untuk mengasah ketrampilan, saling bertukar pikiran serta mengupgrade ketrampilan dan skill dalam merumuskan pola pembinaan yang tepat sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan Kepramukaan.
Kepala Pusdiklatcab Banjarcahyana Agus Triyono mengatakan, selain untuk memberikan bekal dan ketrampilan serta pengetahuan tentang metode pendidikan kepramukaan, kursus ketrampilan ini juga diharapkan mampu menjadi sarana untuk mengasah kemampuan pembina dan menyeragamkan pola pikir agar tercipta derap langkah yang sama menuju sinergitas pembina yang mahir. “ beberapa materi yang kami berikan dalam kursus ini antara lain dinamika kelompok, Undang Undang Gerakan Pramuka, Pramuka Garuda, Sejarah Kepramukaan, Manajement Resiko, Baris berbaris, survival, Lintas Medan, Bivak, Simpul, Mountenering, semaphore dan sandi, Menaksir, Komunikasi darurat, Sketsa, Pemetaan, Kompas dan Pertolongan Pertama “ ujarnya.
Pihaknya mengandeng instruktur dan pelatih yang berkompeten serta bersertifikasi nasional yang berasal dari Pusdiklatcab. Selai itu, seluruh materi diberikan dengan menggunakan metode diskusi, praktek dan aplikasi langsung dilapangan dengan harapan peserta dapat langsung mempraktekkan apa yang diberikan dengan mengkombinasikan dengan kreatifitas dan inovasi teknologi seperti Google Map, GPS, serta aplikasi scouting skill lainya. CJ1104

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top