Seputar Berita Kwarcab

Ratusan Penggalang Ikuti Jambore SD MI 2018

Banyumas – Sebanyak 37 regu putri dan 27 regu putra dari  Gugus Depan SD/MI  se-Kabupaten Banyumas mengikuti Jambore Pramuka Penggalang Tingkat Kwartir Cabang Banyumas di Bumi Perkemahan Kendalisada, Kalibagor Kabupaten Banyumas. Jambore Cabang SD MI ini diadakan selama empat hari  dari tanggal 28-31 Maret 2018 dan dibuka oleh Ketua Dewan Kehormatan yang sekaligus sebagai Asisten Pembangunan Kabupaten Banyumas, Kak Didi Rudwianto, Rabu(28/03/2018).

Dalam sambutannya, kak Didi mewakili Ketua MABICAB Banyumas berharap, Pramuka penggalang dapat berkontribusi bagi bangsa melalui kegiatan kepramukaan, salah satunya melalui ajang Jambore Cabang untuk menumbuhkam rasa kebersamaan dan kemandirian. Jambore Cabang merupakan wadah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan antar-Pramuka Penggalang dari berbagai satuan Pramuka yang berpangkalan pada satuan Penggalang.

“ Jambore bertujuan menjalin persaudara pramuka, melatih ketahanan mental, jiwa dan rohani serta menanamkan semangat kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kegiatan jambore diisi dengan berbagai kegiatan yang dibagi menjadi beberapa bidang kegiatan, meliputi kegiatan umum, pendidikan dan seni budaya,  wawasan, scouting skill, petualangan, bakti dan kegiatan prestasi.” jelasnya

Bentuk kegiatan jambore dalam bidang wawasan adalah meliputi wisata pendidikan di Baturaden dan sosialisasi Narkotika. Selain itu dalam bidang keterampilan, peserta dilatih sosialisasi damkar, giat ular , giat drone dan lainnya.  Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi peserta didik khususnya adik-adik Penggalang. Kegiatan Jambore dapat mencapai sasaran yang diharapkan yakni menanamkan, memupuk dan mengembangkan rasa cinta pada Tuhan Yang Maha Esa untuk memperteguh keyakinan beragama, meningkatkan rasa cinta pada alam, bangsa dan negara serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri. Pertemuan besar Penggalang ini tentu juga akan menjadi ajang saling tukar pengalaman, menjalin persaudaraan bagi sesama Penggalang di Kabupaten Banyumas. Selain itu, Jambore sebagai wahana pendidikan karakter dan life skill para kader bangsa. ( CJ-1102 )

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top