Seputar Berita Kwarcab

Barung Putra Banyumas  Juara 1 Lomba Rangking Satu PERSARI


Tangis kegembiraan pecah di lapangan utama PUSTEKPRAM Candrabirawa Gunung Pati Semarang disaat pengumuman pemenang lomba Peringkat Satu Siaga Gembira PERSARI Kwartir Daerah Jawa Tengah 2018. Semua anggota Barung Jingga , orang tua , guru dan pembina sontak berlarian ke lapangan menangis terharu memeluk Saputra Rama Setya Aji dan Enjang Dwi Nurkholik, kedua anggota Barung Jingga dari SDN 2 Limpakuwus Sumbang ini berhasil bertahan sampai babak akhir dan berhasil membawa Kwarcab Banyumas menjadi juara satu putra lomba Peringkat Satu Siaga Gembira PERSARI 2018.

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (KWARDA) Jawa tengah menggelar kegiatan Pertemuan Satu Hari (PERSARI) bagi anggota pramuka Siaga bertempat di PUSTEKPRAM Candrabirawa Gunung Pati Semarang. Kegiatan yang diikuti oleh tiga ratus enam puluh anggota pramuka Siaga perwakilan dari Kwartir Cabang (KWARCAB) se KWARDA jawa Tengah ini  diadakan selama dua hari dari tanggal  28-29 April. Upacara pembukaan PERSARI dipusatkan di PUSDIk PENERBAD Semarang dengan pemimpin upacara Komandan  PUSDIK PENERBAD Ka Catur.

Kegiatan PERSARI yang merupakan agenda rutin tahunan Kwarda Jawa Tengah adalah pertemuan semua barung  perwakilan dari seluruh BINWIL yang ada di Kwarda Jawa Tengah. “ peserta PERSARI ini adalah barung terbaik yang berhasil menjadi juara di Pesta Siaga BINWIL. Untuk Jawa Tengah sendiri dibagi menjadi enam, yaitu BINWIL Pati, BINWIL Semarang, BINWIL Surakarta, BINWIL Pekalongan, BINWIL Kedu dan BINWIL Banyumas. Tidak semua Kwarcab bisa mengirimkan pesertanya, karena mereka akan diseleksi terlebih dahulu di masing- masing BINWIL. Kegiatan PERSARI diadakan dengan metode bergembira bersama, peserta akan diajak berwisata. Untuk PERSARI 2018 ini peserta diajak berkeliling dan diperkenalkan di lingkungan PUSDIK PENERBAD Semarang , komplek Bandara Akhmad Yani Semarang dan Markas BASARNAS Semarang. khusus ketua barung mereka diajak berkeliling kota Semarang dengan menaiki helikopter.” Jelas Ka Hernowo selaku Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarda Jawa Tengah di sela-sela kegiatan PERSARI.

“ Untuk lombanya sendiri hanya ada dua yaitu lomba Peringkat Satu Siaga Gembira dan lomba Tari Kreasi. Untuk lomba peringkat satu masing-masing pemenang membawa atas nama kwartir Cabangnya, sedangkan lomba tari kreasi gabungan dalam satu BINWIL.” lanjutnya

Kemenangan Barung Jingga ini dapat mengobati dan menjadi penyegar bagi Kwarcab Banyumas, karena untuk kegiatan PERSARI tahun 2017 tidak berhasil mendapatkan kejuaraan. ” Alhamdulillah  ini sebuah kejutan bagi kami , perjuangan anak – anak , pembina dan semua guru serta staff SDN 2 Limpakuwus terobati dan tidak sia-sia. Terimakasih buat Ketua Kwarcab Banyumas Ka Achmad Supartono beserta jajarannya, Camat Sumbang selaku Ketua Mabiran  Ka Nungki, Kepala UPK Sumbang, Ketua Kwarran Sumbang beserta pengurusnya, orang tua dan wali murid.  Suport dan sumbangsih mereka luar biasa sehingga kami bisa membawa nama Kwarcab Banyumas semakin berjaya . Kami akan berusaha untuk bisa mempertahankan gelar juara ini tahun depan . ” ungkap Ka Warsono selaku Ka Mabigus SDN 2 Limpakuwus kecamatan Sumbang

Hasil dari lomba peringkat satu siaga gembira adalah juara satu putra Barung Jingga dari Kwarcab Banyumas, juara dua Barung Hijau dari kwarcab Wonosobo, juara tiga Barung Merah dari Kwarcab Pekalongan. Sedangkan untuk putri Barung Jingga dari Kwarcab Semarang, juara dua Barung Jingga dari Kwarcab Boyolali dan juara tiga Barung Biru dari Kwarcab Wonosobo. Pemenang lomba Tari Kreasi juara satu BINWIL Banyumas, juara dua BINWIL Kedu, juara tiga BINWIL Surakarta, BINWIL Pati, BINWIL  Semarang dan BINWIL Pekalongan . (CJ-1102)

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top