Lintas Pramuka Jateng

Saka Bhayangkara Bangun Jaringan Air Bersih

BANJARNEGARA – Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Polsek Bawang menggelar kegiatan bakti sosial pembuatan water point air bersih dan pembuatan jaringan air bersih ke dusun Siranti Desa Wanadri Kecamatan Bawang.

Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya antisipasi dini bencana kekeringan yang melanda di wilayah selatan Banjarnegara khususnya di wilayah Kecamatan Bawang. Ketua panitia kegiatan, Danu Adi Nugroho mengatakan, bakti sosial antisipasi bencana kekeringan tersebut merupakan wujud kepedulian anggota pramuka untuk membantu sesama dan pemerintah dalam usaha mengurangi masalah sosial dan kebencanaan.

”Dalam kegiatan ini kami menggandeng beberapa elemen terkait seperti PMI, Dinas Sosial, BPBD dan sukarelawan desa untuk bersama-sama ikut serta dalam pembangunan saluran air dari mata air menuju ke perkampungan,” ujarnya, baru-baru ini.

Lebih jauh ia menjelaskan, sulitnya medan dan jalan terjal tak menjadi halangan anggota untuk membentangkan 125 batang paralon dan pembuatan water point di mata air yang disalurkan ke pemukiman.

Selain pembuatan akses sarana air besih yang selama ini belum ada dan dikeluhkan oleh warga, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman pohon, pembagian paket alat tulis untuk anak sekolah yang kurang mampu.

Menjaga Kesehatan

Serta sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Diharapkan masyarakat juga ikut menjaga bangunan yang sudah dibuat. Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Precilia Ohei, saat meresmikan sarana akses air bersih berharap warga memanfaatkan air bersih sebaik-baiknya. Selain itu juga harus mampu merawat bersama fasilitas yang telah dibangun.

Ia juga menekankan pentingnya untuk berhemat air. ”Karena air merupakan sumber kehidupan, jangan lupa selalu menjaga kebersihan lingkungan agar selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit,” tuturnya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada anggota pramuka yang peduli dalam masalah sosial kemasyarakat dan selalu bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama sama membantu tugas pemerintah. CJ1104

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top