Seputar Berita Kwarcab

Kwarcab Banyumas Tetapkan Gudep Tergiat

BANYUMAS – SMA PGRI Gumelar meraih prestasi sebagai juara 1 Lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat untuk sekolah lanjutan atas, pada Lomba Gudep Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas. Sedangkan tergiat untuk tingkat SLTP diraih oleh SMP N 3 Karanglewas dan tingkat sekolah dasar diraih oleh SDN 1 Sokawera Kecamatan Cilongok. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ketua Kwarcab pada pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Rabu (26/12) di Hotel Dominic Purwokerto.

Ketua Kwarcab Drs Achmad Supartono mengatakan kegiatan lomba gugus depan merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan memotret seberapa jauh keaktifan dan pengadministrasian kegiatan di masing-masing gudep.

“Sebenarnya kinerja kwarcab dan kwarran tidak lepas dari kegiatan yang ada di gugus depan. Semakin aktif gugus depan, akan mendukung unsur diatasnya yaitu kwarran dan kwarcab,” katanya. Untuk dapat melihat apakah gugus depan sehat atau tidak, perlu diadakan evaluasi baik untuk kegiatannya maupun administrasinya.

“Bisa jadi Gugus Depan mempunyai banyak kegiatan, tetapi tidak teradministrasi dengan baik. Maka melalui lomba, semua akan bergerak berkegiatan sekaligus menyelesaikan administrasinya, dan mendukung kegiatan di tingkat kwarcab Banyumas,” tambahnya. Ka Partono menambahkan lomba gugus depan dilaksanakan secara berjenjang. Gudep tergiat 1 akan maju ditingkat provinsi. “Kita punya catatan terbaik, dimana SDN 1 Sambirata Cilongok Tahun 2017 menjadi Gugus Depan Unggul tergiat tingkat nasional,” jelasnya.

Hasil lengkap lomba Gudep adalah sebagai berikut, tingkat SLTA tergiat I SMA PGRI Gumelar disusul SMAN 1 Sumpiuh Tergiat 2, Tergiat 3 SMAN 3 Purwokerto, tergiat 4 SMKN 1 Kalibagor dan tergiat 5 diraih oleh SMAN 1 Rawalo.

Untuk tingkat SLTP Tergiat 1 diraih oleh SMP N 3 Karanglewas, tergiat 2 SMP N 1 Sumbang, tergiat 3 SMP Ma’arif NU Kemranjen, tergiat 4 SMPN 2 Wangon dan Tergiat 5 SMP N 3 Pekuncen.Untuk tingkat Sekolah Dasar tergiat 1 diraih oleh SD Negeri 1 Sokawera Cilongok, Tegiat 2 MIN 2 Tambak, Tergiat III diraih oleh SD N 1 Kemutugkidul Baturraden, tergiat 4 SDN 2 Bojongsari Kembaran dan tergiat 5 SDN 1 Parungkamal Lumbir. ( CJ-1102/Parsito)

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top