Lintas Pramuka Jateng

Ketua Kwarda Jawa Tengah Buka Rakerda 2019

KWARDA JATENG, Semarang (4/05/2019) | Mewujudkan anggota gerakan Pramuka Jawa Tengah yang berkarakter, cakap, berdaya saing dan peduli merupakan visi bersama yang disepakati seluruh Kwarcab se-Jateng. Untuk mencapainya, dibutuhkan komitmen, sinergi dan dukungan semua pihak.

Hal itu disampaikan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng Kakak Siti Atikoh dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2019 Kwarda Jateng di Wisma Perdamaian, Sabtu (4/05). “Sudah dirumuskan tujuh program prioritas yang tertuang dalam rencana kerja tahun 2019-2023,” katanya.

Ketujuh program tersebut, yakni penguatan Kwarda, penguatan gugus depan dan satuan karya Pramuka, penguatan Pusdiklatda dan Pusdiklatcab, penguatan kehumasan, optimalisasi pusat kegiatan kepramukaan, penguatan kepedulian anggota Pramuka dan penguatan Pramuka Garuda.

Kak Atikoh mengatakan, setiap anggota Pramuka harus selalu menjaga bahwa Pramuka selalu ada dan bermakna di mana pun berada. “Pramuka harus selalu berbakti dan peduli, maka kemarin waktu saya bertemu dengan Ka Kwarda DIY juga membahas salah satu program tentang kepedulian Pramuka terhadap daerah di sekitar Merapi, yang meliputi wilayah Jateng dan DIY yakni terkait mitigasi bencana,” terangnya.

“Bahwa setiap anggota Pramuka harus terus meningkatkan kualitas diri dan memahami seperti apa itu Pramuka, yakni mempramukakan Pramuka dan mempramukakan yang belum Pramuka. Jadi kualitas dan kuantitas Pramuka di Jawa Tengah terus meningkat,” Jelas Kak Atikoh.

Pada Rakerda tersebut, juga dihadiri Andalan Nasional Wilayah Jawa & Bali Kakak Sri Puryono, yang menyampaiakan bahwa rakerda Kwarda Jateng ini merupakan pertama kali diantara Kwarda-Kwarda lain di wilayah Jawa dan Bali, dan ini merupakan salah satu solusi untuk membuat program agar pada tahun 2020 Gerakan Pramuka Kwarda Jateng semakin maju lagi.

Kak Puryono yang juga Sekretaris Daerah Pemprov Jateng, mengajak para anggota pramuka untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan baik yang terjadi di daerah maupun nasional. “Rakerda kali ini dapat dijadikan sebagai ajang koordinasi bagaimana meningkatkan kualitas masyarakat supaya tidak tergelincir dengan adanya perkembangan media elektronik yang cukup canggih yang akan mengganggu terhadap moral kita.“ tegasnya.

Pada saat Rakerda  juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Kwarda Jateng dengan PT Marimas Putera Kencana. Kerja sama yang dilakukan yakni pengelolaan sampah plastik di sekolah-sekolah melalui ecobrick.

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top