Aktifitas Pramuka

42 Guru MIN 1 Banyumas ikuti KMD

Kwartir  Cabang Banyumas bekerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyumas mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD) melalui PUSDIKLATCAB Banyumas bagi guru – guru di MIN 1 Banyumas. Kegiatan yang diadakan dari tanggal 24 – 28 Juni ini dibuka oleh Ketua Kwarcab Banyumas Ka Achmad Supartono,  dan digelar di dua tempat yaitu  MIN 1 Banyumas serta di Bumi Perkemahan Kendalisada  Kalibagor. KMD MIN 1 Banyumas ini diikuti oleh 42 Peserta yang terdiri dari 16 calon pembina putra dan 26 calon pembina putri.

Dalam sambutan pembukaan Ka Kwarcab menekankan bahwa  KMD merupakan langkah awal untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill dasar kepada para anggota dewasa yang akan melaksanakan proses pembinaan Pramuka yang ada di Gugus Depan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini Kakak kakak akan terjun langsung dalam pendidikan dan pelatihan pramuka kepada anak didik, sehingga apa yang didapat dari pelatihan ini agar dipraktekkan dalam pendidikan dan pelatihan pramuka,” katanya.

Kegiatan KMD ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar para pembina  memahami betul tentang pelaksanaan kegiatan kepramukaan sehingga ke depan diharapkan kegiatan Pramuka  tidak hanya menarik, akan tetapi juga kreatif dan inovatif dalam membentuk karakter peserta didik.

“Setelah mengikuti kegiatan ini para Guru ini akan menjadi Pembina Pramuka di Gugus Depan, dengan predikat Pembina Pramuka Mahir diharapkan dapat mengemban sistem nilai Gerakan Pramuka serta dapat menerapkan dan mengembangkan materi kecakapan atau keterampilan dasar yang diterima,” ujarnya lebih lanjut. 

Selama lima hari peserta mengikuti KMD ini mereka mendapatkan materi dasar kepramukaan seperti sejarah , teknik kepramukaan , Out Door Managemen Game (ODMG), UU GP, Kebijakan, AD ART, Dinamika Kelompok, Membuat rencana latihan dan lain sebagainya. (CJ-1102)

 

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top