Seputar Berita Kwarcab

Pelatihan Jurnalistik. Sembari menunjukkan telepon genggam yang ada di tangannya, Kak Setiawan (Ketua Kwarcab Banjarnegara) dalam sambutannya saat membuka kegiatan Pelatihan Jurnalistik jelaskan dampak positif dan negatif dari telepon genggam (26/7/19). Foto Rakhmat Nur Ilmi

Banjarnegara –  Sedikitnya 76 Anggota Pramuka dari golongan Penggalang, Penegak, Pandega dan anggota Dewasa perwakilan dari pangkalan Gugus Depan SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara.

Kegiatan yang digelar di Sanggar Bakti Gerakan Pramuka Kwarcab Banjarnegara (26-28/7) kemarin diharapkan mampu mencetak kader sekaligus jurnalis handal yang dapat menjadi corong pangkalan masing masing.

Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan meski ditengah keterbatasan yang ada seperti fasilitas dan dukungan lainya. “Ini kegiatan yang sangat bagus,  menarik serta sangat bermanfaat bagi peserta didik,  dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang dapat mengahasilkan karya di era digital seperti saat ini,”  paparnya.

Pihaknya berharap peserta dapat menyerap ilmu secara maksimal, menerapkan dan mengimplementasikannya di lingkungan pangkalannya, selain itu diharapkan juga anggota pramuka dapat mengelola sosial media dengan bijak dan benar serta mampu menangkal hoax yang kerap meresahkan masyarakat.

Ketua Panitia kegiatan Eva Febrianingsih mengatakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini merupakan program yang teragenda pada tahun ini dengan harapan mampu menciptakan anggota humas handal dan unggul di pangkalan. “kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini,  peserta dapat langsung tancap gas dalam melakukan publikasi berbagai kegiatan disekolah dengan berbagai tampilan serta konten yang menarik”  paparnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini diisi dengan berbagai metode seperti sharing, teori,  praktek lapangan,  evaluasi dan basic challenge atau penugasan individu dan kelompok.

Humas Kwarcab Banjarnegara M. Alwan Rifai mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang beberapa fasilitator dari Persatuan Wartawan Indonesia Pokja Banjarnegara,  Dinas Komunikasi,  dan penggiat Fotografi.  “beberapa materi yang diberikan antara lain menulis berita dan feature, Fotografi jurnalistik, Tehnik Reportase,  Editing video,  pembuatan berita TV, Peran kehumasan,  Pengelolaan Sosial media dan Manajement team Siber”  paparnya.

Lewat aplikasi dan implementasi langsung dilapangan diharapkan peserta bisa memperoleh pengalaman baru langsung dari lingkungan layaknya jurnalis dalam mencari informasi atau berita.

Alumni dari pelatihan tersebut diberikan wadah dan sarana komunikasi dalam Tim Siber Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara yang nantinya akan menggelorakan pemberitaan kegiatan pramuka baik level sekolah, satuan karya, Kwartir Ranting Kecamatan maupun aktifitas lainya.**Alwan Rifai/CJ1104-001

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top