Lintas Pramuka Jateng

KWARNAS NILAI SDN 1 SOKAWERA

Banyumas: Kwartir Daerah Jawa Tengah mendapatkan kehormatan untuk dapat mengirimkan tiga Gugus Depan terbaiknya maju ke tingkat nasional dalam rangka lomba Gugus Depan Unggulan Tingkat Nasional Tahun 2019. Selain dari Kwarcab Surakarta dan Kwarcab Grobogan adalah Kwarcab Banyumas yang mewakilkan  Gugus Depan  25.774-25.775 dari SDN 1 Sokawera Kwarran Cilongok  Banyumas maju ke tingkat nasional.

Ketua Kwarcab Banyumas Ka Achmad Supartono didampingi oleh jajaran pengurus Kwarcab Banyumas menyambut Kedatangan tim visitasi yang dipimpin oleh  Ka Teguh selaku Sekretaris PUSDIKLATNAS  Kwartir Nasional , Ka Jaya dari Direktorat Pembinaan SD Kementrian Pendidikan Nasional  serta didampingi oleh Ka Agung Suparyoko selaku Wakil Ketua Bidang Bina Satuan Kwarda Jawa Tengah.  Suguhan musik  kentongan, tari nderes , atraksi semaphore serta air badeg/nira menjadi penyambutan saat tim visitasi datang di SDN 1 Sokawera Cilongok.

” Kedatangan kami kesini adalah untuk melihat perkembangan dan pembinaan kepramukaan yang ada di Sekolah Dasar sesuai dengan instruksi dari kementrian pendidikan, di kementrian pendidikan sedang dikembangkan yang namanya PPK atau Program Pendidikan Kepramukaan salah satu alatnya adalah program Gugus depan unggul. Kegiatan Ini bukan hal yang utama, yang utama adalah kedepannya di tahun 2045 saat usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia  generasi sekarang akan menjadi generasi emas. Kita semua lapisan masyarakat harus ikut memoles, ikut membina dan ikut mendidik generasi sekarang ini.” jelas Ka Teguh saat memberikan sambutannya.

Ada 7 standar penilaian yang dinilai, yaitu Sumber Daya Manusia, Manajemen dan Administrasi, Sarana dan Prasarana, Kegiatan, Proses, Prestasi, dan Kemitraan. Penilaian dilakukan dengan melihat bukti fisik seperti buku dan dokumen asli serta wawancara kepada Pembina dan peserta didik secara langsung.

Kedatangan Bupati Banyumas Ka Achmad Husein  selaku KA MABICAB  disela – sela kesibukan kegiatan  beliau menambah suasana semakin hangat, dukungan dan suport dari Ka MABICAB menjadi bukti bahwa kegiatan pramuka di Banyumas mendapat dukungan penuh dari semua jajaran PEMKAB Banyumas. ” Saya ingin generasi muda memiliki jiwa pramuka yang sebenarnya, pramuka yang bukan hanya pakaianya saja akan tetapi pramuka yang sumbernya dari hati, darah, tulang dan syaraf – syaraf kita itu pramuka. Karena sudah terbukti jelas orang yang mengikuti kegiatan pramuka dengan baik dan benar pasti integritasnya itu terjamin bagus, untuk pramuka Insya Allah saya akan menjamin 100% mendukungnya. ” papar Ka Husein . ( CJ-1102.001/Eras)

 

 

Facebook Comments

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top