Rabu, 17 Mei 2017 00:00

PERSABHARA 2017

Written by

Dalam rangka meningkatkan prestasi anggota Pramuka Satuan Karya Bhayangkara, Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah baru-baru ini (12 s/d 14 Mei 2017) menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Satuan Karya Bhayangkara Daerah Tahun 2017 atau disingkat Persabhara Daerah  Th. 2017  bertempat di Pusat Kegiatan Kepramukaan Candra Birawa Jawa Tengah, Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang.

Kegiatan Persabara 2017 ini dibuka secara langsung oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono, MM, M.Hum.  Kapolda dalam sambutan pembukaannya antara lain mengatakan bahwa Persabara adalah kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka   untuk peningkatan prestasi disamping untuk mempererat tali persaudaraan dan ikut mengembangkan jati diri bangsa para anggota satuan karya Bhayangkara. Disamping itu juga untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan pengalaman, dan sasarannya adalah untuk meningkatkan kualitas anggota satuan karya Bhayangkara di Jawa Tengah.

Dalam acara pembukaan kegiatan tersebut secara resmi Kapolda melantik para pamong pemerintahan Persabara 2017. Adapun para pamong yang dilantik tersebut adalah Paksi Atmojo Azis Arrosyid sebagai Camat, Lurah Putri Liza Ayu Yustina, Lurah Putra Muhaimin.

Pada bagian lain dijelaskan oleh Paksi Atmojo yang pada kegiatan ini bertindak sebagai Ketua Panitia/ Camat Perkemahan, bahwa tema kegiatan Persabara Daerah Tahun 2017 ini adalah  ‘mewujudkan pramuka saka bayangkara yang kreatif, inovatif, berkarakter dan bersinergi dalam usaha menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat’.

Dalam kegiatan persabara 2017 , para peserta kemarin melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terbagi dalam kelompok kegiatan umum, kegiatan rutin,  kegiatan wawasan, kegiatan persaudaraan dan kegiatan bakti, serta kegiatan prestasi jelas Paksi.

Adapun hasil kegiatan Prestasi antara lain, Lomba Rangking 1 : Kota Semarang, Banyumas, Blora, pemenang harapan  Kota Pekalongan, Purworejo, Surakarta. Sedangkan pada lomba Pramuka Bayangkara : Purbalingga, Cilacap, Batang. Harapan : Karanganyar, Kota Semarang dan Purworejo.

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah  baru-baru ini (2 s/d7 Mei 2017) mengadakan kegiatan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD)  bertempat Pusat Kegiatan Kepramukaan ‘Candra Birawa’ Jawa Tengah di Karanggeneng,Gunung Pati, Kota Semarang.

Drs. Hernowo Budi Luhur, SH, M.Si, Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah  dalam sambutannya ketika membuka acara mengatakan bahwa Gerakan Pramuka harus selalu membekali para Pembina dengan selalu menyelenggarakan berbagai macam pendidikan dan pelatihan termasuk KPD ini diantaranya.

Seterusnya ditambahkanHernowo Budi Luhur, bahwa KPD ini adalah sarana untuk menyiapkan dan membekali para calon pelatih Pembina Pramuka agar memiliki kemampuan sebagai motivator, dinamisator dan konsultan bagi Pembina Pramuka dalam menyikapi dinamika dan tantangan Pramuka dimasa datang. “Yang penting para peserta hendaknya jangan hanya mengejar status pelatih saja tetapi tidak pernah membina dan melatih Pramuka”, imbuh Hernowo Budi Luhur.

Kepala Sub Bag Binawasa (Pembinaan Anggota Dewasa) Yitno, S.Sos, menambahkan bahwa pelaksanaan KPD 2017 ini diikuti utusan dari 35 cabang se Jawa Tengah. Tidak semua Pembina bisa mengikuti KPD ini, karena syarat mutlak untuk dapat mengikuti  KPD  adalah harus lulusan kursus mahir lanjutan.

Dalam pelaksanaan kursus ini para peserta mendapatkan materi kegiatan baik in door maupun out door.Pada kegiatan in door materinya antara lain penyampaian materi teoritis, diskusi interaktif, penugasan juga praktik mengajar. Sedangkan pada kegiatan out door, materinya antara lain penghayatan kehidupan perkemahan, praktik pelaksanaan upacara dan lainnya. Adapun materi yang disampaikan antara lain Fundamental Gerakan Pramuka; Manajemen Pelatihan dan lain-lain. Sedangkan tim pelatih selain dari tim pelatih dari pusdiklatda Jawa Tengah ditambah pelatih dari pusdiklatcab Brebes, Boyolali dan Klaten, jelas Yitno, S.Sos.

Rabu, 17 Mei 2017 00:00

PERSARI 2017

Written by

Kwarda Pramuka Jawa Tengah baru-baru ini (29-30 Juni 17) mengadakan kegiatan ‘Pertemuan Pramuka Siaga Sehari’ (Persari) bertempat di Pusat Kegiatan Pramuka Jawa Tengah ‘Candra Birawa’, Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang.

402 Pramuka Siaga se Jawa Tengah yang  menjadi peserta kegiatan Persari 2017 adalah mereka yang berprestasi sebagai Juara I, II, III pada pelaksanaan Pesta Siaga yang telah dilaksanakan di masing-masing Binwil. Dan masing-masing Binwil mengirimkan 67 orang perwakilannya.

Drs. Hernowo Budi Luhur, SH, M.Si, Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwartir Daerah Jawa Tengah  dalam sambutannya pada upacara penutupan mengatakan kegiatan Persari ini sangat positif bagi para peserta, karena para peserta semakin mempunyai wawasan pengetahuan yang luas tentang Pramuka. Juga bisa mengembangkan kreatifitas, memperkuat kebersamaan dan persaudaraaan sesama Pramuka. Dan kesemua ini akan dapat membentuk karakter diri serta sikap-sikap nasionalisme dan patriotisme, dan usai mengikuti Persari, nilai-nilai positif yang diperoleh hendaknya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, harap Kak Hernowo.

Persari 2017 terdapat berbagai kegiatan diantaranya lomba rangking 1 dan lomba tari kreasi daerah. Juga ada kegiatan persaudaraan berupa permainan persaudaraan. Dan kegiatan rekreatif – pendidikan berupa kunjungan ke wahana antariksa BPTIKP serta kunjungan kedirgantaraan ke Lanumad Achmad Yani. Kegiatan Lomba yang dilaksanakan ini tidak untuk menang-menangan, karena prinsipnya dalam dunia persaudaraan itu semua peserta adalah juaranya, untuk menjaga suasana kebersamaan dan persaudaraan.

Halaman 1 dari 3

INFO - PRAMUKAJATENG

FACEBOOK PRAMUKA-JATENG

Template Settings

Color

For each color, the params below will be given default values
Blue Oranges Red

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Spotlight3

Background Color

Spotlight4

Background Color

Spotlight5

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction