Pramuka Peduli Sampah

peduli sampahKalibening – Ratusan Anggota Pramuka se Kwartir Ranting Kecamatan kalibening perwakilan pangkalan MTS 1 Kalibening, MTS 2 Kalibening, SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3 kalibening serta pangkalan SMA Muhammadiyah kalibening sabtu kemarin menggelar aksi bersih sampah diwilayah jalan utama Kalibening Karangkobar dan komplek pasar kalibening hingga finish di komplek hamparan kebun teh curug Kasinoman dengan total jarak pembersihan hingga 15 km.

Ketua Panitia kegiatan Abdul Manaf mengatakan, aksi bersih dan pungut sampah anggota pramuka merupakan langkah kecil untuk sebuah impian yang besar yakni masyarakat yang sadar akan kebersihan dan perilaku hidup sehat. “ Bukan hanya Pramuka, namun dibutuhkan peran serta seluruh element masyarakat, ormas dan tokoh agama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat “ paparnya.

Fenomena sampah yang berserakan hampir disepanjang jalan, komplek pasar dan sudut pertokoan wilayah kalibening menjadi Pekerjaan bersama, karena hingga saat ini banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan serta belum tersedianya Tempat Pembuangan Sampah Akhir diwilayah kecamatan Kalibening hingga Karangkobar.

Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kalibening Ngadikan mengemukakan, aksi bersih dan pungut sampah oleh anggota pramuka merupakan salah satu implementasi penanaman pendidikan karakter kepada generasi muda tentang pentingnya hidup bersih dan cinta lingkungan. “sampah yang terkumpul hingga sore mencapai puluhan karung dan diangkut menggunakan 3 unit kendaraan milik kwarran untuk selanjutnya dipilah antara sampah organic dan anorganik “ paparnya. Dengan terjun langsung ditengah masyarakat dalam bentuk bhakti sosial diharapkan proses edukasi dan pembinaan yang diberikan kepada peserta didik akan lebih mengena tentang arti dan manfaat yang bisa diambil.

Aksi Nyata

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengatakan, dewasa ini banyak permasalahan sosial kemasyarakatan yang masih menjadi Pekerjaan Rumah Pemerintah membutuhkan campur tangan bersama dan penanganan oleh berbagai pihak, dan Pramuka mencoba mengambil peran untuk itu. “ banyak Pekerjaan Rumah yang perlu mendapatkan penanganan secara cepat dan bukan hanya sekedar teori, kami mencoba memberikan aksi nyata selain sebagai proses edukasi juga sebagai pelecut berbagai pihak untuk turut peduli tentang sampah “ ujarnya.

Kedepan, berbagai aksi nyata yang melibatkan anggota Pramuka akan terus dilakukan dalam rangka ikut membantu program pemerintah dalam bidang sosial kemasyarakatan yang saat ini semakin marak banyak terjadi. **alwan