Kwarcab Banyumas Gelar Aksi Donor Darah

Banyumas - Kwartir Cabang 11.02 Banyumas, menggandeng Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Cabang Banyumas menggelar aksi donor darah. Kegiatan digelar Jum’at (10/2) di Aula Sanggar Bakti Pramuka setempat.

Wakil Ketua Dewan Kerja Cabang Asti Prichatin mengatakan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin 3 bulanan yang diselenggarakan Kwarcab Banyumas. “Untuk kegiatan ini mengambil momentum Hari Jadi Banyumas ke 446 dan kelahiran Bapak Pandu Dunia Baden Powel, tangal 22 Februari,” katanya.

Dalam kegiatan yang diikuti anggota pramuka dewasa / pembina dan penegak pandega, juga diikuti oleh anggota TNI, Pegawai Dinas Pemuda Olah Raga, dan masyarakat sekitar.

Koordinator aksi donor darah, Doni Damara mengatakan aksi donor darah digelar sebagai kepedulian pramuka untuk menolong warga yang membutuhkan darah. "Aksi ini juga bagian dari kegiatan Pramuka Peduli," ujarnya.

Doni menambahkan, aksi donor darah tersebut mendapat respon yang bagus dari kalangan pramuka maupun dari luar pramuka seperti TNI, PNS, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Alhamdulillah, aksi berjalan sukses dan tidak hanya diikuti pramuka saja, namun dari luar seperti TNI, PNS, mahasiswa dan masyarakat sekitar, sebanyak 46 calon pendonor hadir namun yang memenuhi sayat untuk terambil darahnya sebanyak 26 orang," tambahnya.

Ketua Kwarcab Banyumas, Achmad Supartono, menuturkan kegiatan donor darah sangat positif dan besar manfaatnya bagi masyarakat, sehingga kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin 3 bulanan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang.

“Kami sudah menjalin kerja sama antara Pramuka dan PMI Cabang Banyumas, dan dituangkan dengan naskah perjanjan kerja sama,” ujarnya.

reporttase : Parsito