Dewan Kerja Diharapkan Berperan Optimal

Banjarnegara – Anggota Dewan Kerja Ranting Kecamatan diharapkan mampu berperan optimal dalam membina peserta didik digugus depan tingkat SMU/SMK/MA sederajat serta menggerakkan organisasi agar berjalan dinamis. Hal tersebut dikemukakan oleh Andalan Cabang Binamuda Penegak Kwarcab Banjarnegara Dwi Cahyo Ariwidodo saat membuka kegiatan Kursus Pengelola Dewan Kerja kemarin. “Dewan Kerja adalah Tangan Kanan Kwartir Ranting, jadi saya berharap mekanisme organisasi, administrasi dan tata kelola harus berjalan dengan baik sesuai aturan dari Kwartir Nasional “ paparnya.

Kursus Pengelola Dewan Kerja bagi pengurus Dewan Kerja Ranting Kecamatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 60 peserta dan digelar dalam tiga hari di Komplek Sanggar Pramuka Kwartir Cabang. Kegiatan tersebut merupakan program utama dari Kwarcab sebagai upaya penertiban administrasi dan pengelolaan organisasi.

Ketua Pelaksana Kegiatan Aditya Hotama mengatakan, Kursus Pengelolaan Dewan Kerja diharapkan mampu sebagai pelecut dan peletak dasar mekanisme dan tata kelola serta administrasi organisasi agar sesuai dengan aturan yang dirumuskan Kwartir Nasional. “selama ini masalah administrasi dan tata kelola organisasi terkesan asal asalan dan tidak seragam sesuai dengan petunjuk pelaksana Dewan Kerja, ini sebagai momentum diawal tahun agar semuanya berjalan lebih baik dan meningkatkan citra organisasi “ ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan instruktur dan pelatih dari Pusdiklatcab, Andalan Cabang dan Dewan Kerja Daerah Jawa Tengah yang masing masing memberikan materi seperti Dinamika Kelompok, Sidang Dewan Kerja, Ragam Latih Pramuka Penegak Pandega, Jurnalistik Media, Kedewan Kerjaan, Sistem Pengelolaan Kegiatan, Sismintir, Kesakaan, Simulasi Kerja, dan Rencana Kerja Tindak Lanjut.

Implementasi

Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan berharap, peserta mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di Level Kwartir Ranting yang berimbas pada penggerakan roda organisasi sesuai amanat Rapat Kerja Cabang. “ini merupakan kegiatan langka dan tidak mesti ada dalam setiap tahun, materinya pun murni tentang adminsitrasi dan tata kelola organisasi, buah yang akan kita petik tak lama lagi akan nampak dimana keseragaman aturan akan menjadi landasan organisasi yang matang” paparnya.

Semangat dalam membina dan mencetak kader yang berkualitas akan terus dilakukan diawal tahun ini yang difokuskan pada penataan administrasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta konsolidasi internal sebagai dasar pondasi organisasi yang mantap menatap prestasi gemilang di tahun 2017 ini.

Reportase :alwan