Baturraden - Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas menggelar latihan pengembangan kepemimpinan. Kegiatan digelar selama 3 hari mulai Senin (13/2) sampai Rabu 15/3) di Hotel Moroseneng Baturraden. Acara yang dibuka oleh Ketua Kwarcab Drs Achmad Supatono, M.Si itu diikuti oleh 77 pramuka penegak dari 20 pangkalan dan 2 kwaran se Kwarcab Banyumas.

Ketua DKC Diana Dwi Putra mengatakan diklat kepemimpinan ini merupakan agenda rutin yang digelar DKC. “Kagiatan bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin pramuka yang akan memimpin pramuka di Dewan Ambalan maupun Dewan Kerja Ranting (DKR),” katanya

Diana menambahkan, karena mereka calon pemimpin maka diklat ini sangat serius, dan lebih banyak diruangan. Materi yang diberikan antara lain kepemimpinan yang disampaikan oleh Kasdim Mayor Amir Makruf, Publick Speaking oleh Ketua Kwarcab Achmad Supartono, Pola Mekanisme Pembinaan oleh Dewan Kerja Daerah, Mengenal Potesni Diri dari Ugung dari UMP.

“Selain itu kesadaran spriritual dan emosional oleh Kak Efi, Hak Anan oleh Kak Tutut dari Lembaga Pelindungan Perempuan dan Anak, Problem Solving oleh Kak Anggitasari dan game,” lanjut Diana.

Dari semua materi yang diberikan, baik yang terkait dengan kepemimpinan langsung, maupun ilmu yang mendukung dan perlu dimiliki oleh calon-calon pemimpin. “Dengan pelatihan ini tentu menambah ilmu dan pengetahuan yang dapat mereka aplikasikan dipangkalan masing-masing,” katanya.

Salah satu peserta Weka Halim Muktabar dari SMA Negeri 3 Purwokerto, mengaku senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan ini. Menurutnya pelatihan ini menjadi bagian proses pembentukan diri untuk menjadi pemimpin.

“Mungkin saat ini belum bisa diaplikasikan, tetapi dikemudian hari saya yakin ilmu itu sangat bermanfaat bagi seorang pemimpin,” katanya

Reportase : Parsito.

FACEBOOK PRAMUKA-JATENG

Template Settings

Color

For each color, the params below will be given default values
Blue Oranges Red

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Spotlight3

Background Color

Spotlight4

Background Color

Spotlight5

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction