Banjarnegara Cetak Jurnalistik Handal

BANJARNEGARA – Sebanyak 70 orang anggota Pramuka penegak pandega se Kabupaten Banjarnegara yang merupakan perwakilan dari pangkalan Gugus Depan SMU/SMK/MA, Satuan Karya, Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Cabang mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan kehumasan yang digelar kemarin.  Kegiatan yang dilaksanakan di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Banjarnegara selama dua hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas anggota serta mencetak jurnalis handal di bidang kepramukaan.

Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya serius yang dilakukan Kwartir Cabang untuk mencetak kader handal dibidang Kehumasan dan Jurnalistik media agar anggota pramuka paham dan tahu lebih dalam tentang dunia kehumasan, menulis berita dan publikasi baik di media cetak, elektronik maupun on line. “beruntunglah kepada seluruh peserta yang bersedia hadir dan mengikuti kegiatan ini, karena pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengingkatkan kemampuan diri untuk nantinya diimplementasikan di lingkungan sekolah atau instansinya “ paparnya.

Lewat kegiatan tersebut pihaknya berpesan agar peserta mengikuti materi dengan serius dan tertib agar dapat menyerap seluruh ilmu yang diberikan oleh narasumber yang berkompeten di bidang jurnalistik.

30 jam pelajaran

Ketua panitia kegiatan sekaligus Humas Kwarcab Banjarnegara M.Alwan Rifai mengatakan, dalam pelatihan tersebut peserta diberikan materi teori dan praktek dengan total  30 jam pelajaran. “materi yang diberikan antara lain sejarah singkat pramuka, press release, menulis berita, membuat artikel dan opini, fotografi jurnalistik, peran kehumasan, sosial media pramuka, Feature berita dan tehnik reportase “ ujarnya.

Pihaknya menggandeng narasumber dari berbagai media cetak dan elektronik seperti Suara Merdeka, Satelitpos, Detik.com, MNC Media dan Satelit TV dengan harapan peserta mampu berdialog dan berdiskusi secara langsung lebih dalam tentang dunia jurnalistik.  Sebagai tindak lanjut dan implementasi dari kegiatan tersebut akan dibentuk forum jurnalis pramuka Banjarnegara dengan nama Cyber membara yang akan mengakomodir seluruh kegiatan pramuka mulai dari tingkat Gugus Depan, Satuan Karya dan Kwartir Ranting Kecamatan. **CSJ1104_Alwan