60 Pelatih Daerah Siap Jadi Tim Pelatih Nasional

tot pembina pramukaJakarta -- Sebagai langkah nyata meningkatkan kualitas pendidikan Kepramukaan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Pelatihan Pembina Pramuka tingkat Nasional, di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta.

Kegiatan bertema “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawa Laksana” ini diikuti 60 peserta Pembina Pramuka dari 17 Kwarda atau Provinsi. Kepala Pusdiklatnas Kwarnas, Prof. Dr. Kak Suyatno, M.Pd dalam sambutanya mengatakan ingin merekrut pelatih Pramuka tingkat nasional di Pusdiklatnas. Peserta akan dilatih selama empat hari, 26 hingga 29 Januari 2017.

“Selama ini Pusdiklatnas tidak memiliki pelatih tetap, sehingga terpaksa mencari pelatih dari daerah, pelatihan ini solusi dari masalah itu. Setelah dilatih kita harapkan mereka mampu menjalankan empat pilar Pramuka; rebranding, pramuka untuk perubahan, penataan organisasi dan jejaring,” kata Kak Suyatno dalam keterangan tertulis, Jumat (27/1).

Kak Suyatno menambahkan, Pusdiklatnas Pramuka saat ini sudah memiliki kurikulum tetap. Peserta juga akan diberikan materi-materi modul pelatihan yang diadopsi dari WOSM dan negara-negara lain. Pelatihan pun akan dikemas menarik dengan dialog interaktif.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault dalam sambutannya menyebut kegiatan ini sebagai solusi kongkret masalah kepelatihan.

“Pelatihan TOT ini sudah tepat, saya ingin para peserta bisa menyampaikan, mengembangkan materi-materi yang didapat untuk diajarkan di gugus depan.” ucap Kak Adhyaksa.

(sumber : Republika.co.id)