Indonesia kirimkan kontingen Pramuka ke Jambore Australia

Jakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melepas kontingen Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Pramuka Australia ke-24 di Cataract Scout Park, New South Wales, Australia.

Jambore yang diikuti oleh 6 pembina pendamping dan 34 anggota Pramuka tingkat penggalang penegak tersebut akan dilaksanakan pada 3-13 Januari 2016.

Dalam sambutannya mewakili Ketua Kwarnas, Ahmad Rusdi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Hubungan Luar Negeri itu menyampaikan ucapan selamat kepada kontingen pramuka Indonesia.
“Selamat dan terima kasih khususnya kepada Ketua Majelis Pembimbing Gugus depan beserta seluruh Pembina Gudep juga orangtua anggota Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Sekolah Al Azhar, atas prakarsa dan usahanya untuk memberangkatkan anggota ataupun anak-anaknya berperan serta pada Jambore Australia ke-24 Tahun 2016 mendatang,” ujar Ahmad Rusdi di Aula K.H. Dewantoro, TRW, Cibubur, Jakarta, Selasa (22/12/2015).

“Sebuah kehormatan bagi kalian semua anggota kontingen, dapat mewakili Gerakan Pramuka dalam kegiatan jambore tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Scouts Australia,” imbuhnya.

Selain itu, Ahmad Rusdi juga berpesan kepada kontingen Pramuka agar tidak lupa menerapkan janji Tri Satya dan Dasa Darma selama mengikuti kegiatan Jambore Australia mendatang.
“Terapkan janji Tri Satya dan Dasa Darma sebagai aturan hidup anggota Pramuka di seluruh dunia. Jagalah bersama-sama Citra dan reputasi bangsa dan negara Indonesia dalam fikiran, sikap maupun perbuatan,” ucap dia.
Selain itu, Ahmad Rusdi juga berharap agar anggota pramuka tersebut memanfaatkan media sosial untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman selama di Australia untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Fira salah satu anggota pramuka dr SMP Al Azhar pusat mengaku bangga bisa mewakili indonesia di Jambore Australia. “Saya sangat senang dan bangga bisa mewakili indonesia di Jambore Australia, dan semoga saya dan teman-teman bisa mengharumkan nama Bangsa di tanah Australia dan dihadapan pramuka dari berbagai negara,” tegasnya.

Sumber : Kwarnas