INFO JAMBORE DAERAH JAWA TENGAH TAHUN 2015 bisa dilihat di jamda.pramuka.id

Pramuka Jateng

Pelantikan Kwarcab Purbalingga

pel pbgPURBALINGGA- Ketua Kwartir Daerah 11 Gerakan Pramuka Jawa Tengah hari ini (14/1) berada diPurbalingga guna melantik Mabi dan Pengurus Kwarcab masa bakti 2012-2016. Pelantikan dilaksanakan dipendopo kabupaten Purbalingga pukul 14.30, Setelah pd tanggal 21 Desember 2011 lalu menyelenggarakan musyawarah cabang di bumi perkemahan Munjuluhur. Pada Musyawarah cabang tersebut menetapkan kakak Trisnanto Srihutomo,BE,S.Pd sebagai Ketua Kwartir Cabang Purbalingga masa bakti 2012-2016. Dalam susunan kepengurusan kwarcab yang baru kak Trisnanto dibantu oleh lima wakil ketua bidang, Bidang binamuda oleh kak Drs. Subeno, SE, Msi, Bidang binawasa oleh Kak H. Iskhak Zein, S.Pd, M.Pd, Bidang Organisasi dan hukum oleh Kak H. Ali Sudarmo, Spd, Bidang Humas & Abdimas oleh kak Arif Hardoyo,SH., Bidang Keuangan Usaha dan Sarpras oleh kak Wahyu Ekonanto,SH. (kwd.5)

Pramuka Rawalumbu Belajar Ke SMIK Tegal

tegalAdiwerna – Sedikitnya 17 anggota Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting (Kwarran) Rawalumbu, Kota Bekasi Propinsi Jawa Barat berkunjung ke SMK Negeri 2 Adiwerna atau yang terkenal dengan sebutan SMIK Negeri Tegal. Kunjungan tersebut didampingi oleh Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY dan Bidang Humas Kwarcab 11.28 Tegal serta anggota Dewan Kerja Cabang (DKC). Rombongan disambut langsung oleh Kepala SMK Negeri 2 Adiwerna, Drs Parjana didampingi beberapa pengajar di Aula Pertemuan sekolah setempat, Rabu (4/1).

Kedatangan anggota dari Kwarran Rawalumbu tersebut dalam rangka untuk melihat langsung dan mempelajari berbagai kerajinan yang dimiliki oleh SMIK Negeri Tegal.

“Kedatangan adik – adik Pramuka dari Rawalumbu, Bekasi yaitu dalam rangka belajar  tentang potensi Kerajinan yang ada di Kabupaten Tegal khususnya di SMIK ini,” terang Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY saat mendampingi rombongan kemarin.

Sebelumnya, kata Prawoto, rombongan dari Kwarran rawalumbu telah mengunjungi dan melihat langsung kerajinan pembuatan keset di Dukuhturi.

“Kemarin sore (Selasa.red), adik –adik kita ajak melihat kerajinan pembuatan Keset di Dukuhturi. Selanjutnya, bermalam di Sanggar Pramuka Kwarcab,” imbuhnya.

Kepala SMK Negeri 2 Adiwerna, Drs Parjana menjelaskan SMK Negeri 2 Adiwerna berdiri sejak tahun 1997, dimana saat itu masyarakat lebih mengenal sekolah yang dipimpinnya  dengan sebutan SMIK Negeri Tegal.

“Pada awal berdiri, SMIK hanya memiliki jurusan kerajinan,” katanya.

Namun sekarang, sambung Parjana, jurusan dan keahlian di SMIK ini sudah bertambah lagi, seperti Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik Multimedia.

“Untuk jurusan kerajinan yaitu Kerajinan kria kayu, kria logam dan kria tekstil,” tukasnya.

Menurut Parjana, sekolah yang dipimpinnya mempunyai tugas untuk melatih ketrampilan para siswa di Kabupaten Tegal, sesuai dengan tradisi masyarakat Tegal yang suka berproduksi dan membuat karya.

“Mudah-mudahan efek pada masyarakat, dapat membantu mengurangi pengangguran,” urainya saat menjelaskan tentang profil Sekolah kepada rombongan Pramuka Rawalumbu.

Usai pengenalan profil sekolah, rombongan yang dipimpin oleh Andalan Ranting Urusan Binawasa, Suradi dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok sesuai dengan keahlian yang akan dilihat langsung dan dipelajari, yaitu Kerajinan Kayu, Kerajinan Logam dan Kerajinan Tekstil. Untuk selanjutnya dibawa menuju ke ruang laboratorium / ruang praktek kerajinan yang ada dengan dibimbing oleh Guru Pengajar sekolah setempat.

Terpisah, salah satu Pengurus Kwarran Rawalumbu, Chanda Sanjaya menjelaskan kunjungan ke SMIK Tegal sangat besar manfaatnya. Disana, semua anggota Pramuka Rawalumbu diberikan penjelasan dari teori, sampai praktek langsung tentang kerajinan yang ada di sekolah tersebut, yaitu Kria kayu, logam dan tekstil.

"Untuk kria kayu, saya kira bisa dikembangkan di Rawalumbu. Karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar," terangnyaSelain kerajinan kayu, lanjut Chandra, kerajinan Keset yang ada di Dukuhturi juga menarik perhatiannya. Selain biaya murah, proses pemasarannya juga sangat mudah.

"Kerajinan keset dan sapu juga sangat mungkin untuk dikembangkan di Rawalumbu," Pungkasnya. (Hasan/Humas Kwarcab)

Kota Semarang Gelar LT III

LT3Bertempat di  Kampus SMK 11 Banyumanik Semarang, Kwartir Cabang Kota Semarang menggelar Lomba Tingkat (LT ) III  yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Januari 2012 yang lalu. Lomba Tingkat III diikuti 320 peserta yang merupakan utusan regu pemenang pada kegiatan LT II di tingkat Kwartir Ranting di Kota semarang itu, berlangsung ketat namun semangat persaudaraan tetap terjalin di antara Pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Semarang Dra Hj Harini Krisniati MM dalam sambutannya pada saat membuka lomba mengatakan, UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, mengamanahkan bahwa Gerakan Pramuka menjadi tanggung jawab pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah.

Berkaitan dengan itu, seluruh komponen pemerintah dari pusat, daerah hingga gugus depan (sekolah), sudah semestinya memberikan perhatian lebih serius terhadap gerakan Pramuka, termasuk di dalamnya adalah pengalokasian anggaran yang cukup. Berkaitan dengan itu, seluruh komponen pemerintah dari pusat, daerah hingga gugus depan (sekolah), sudah semestinya memberikan perhatian lebih serius terhadap gerakan Pramuka, termasuk di dalamnya adalah pengalokasian anggaran yang cukup.

 ’’Dengan mengacu kepada maksud dan sasaran kegiatan ini, kakak berharap adik-adik  dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesungguhan, tanpa meninggalkan nuansa keceriaan dan persahabatan antarpeserta,’’kata Harini.

Selanjutnya hasil dari Lomba Tingkat III tersebut, pada regu Putra sebagai Pemenang I  Gudep Pangkalan SMP 18 ( Kwarran Ngaliyan), tempat kedua diraih Gudep SMPN 1 mewakili Kwaran Semarang Barat dan ketiga, SMPN 21 (Kwarran Banyumanik).

Sementara untuk regu tergiat putri I diraih oleh Gudep SMPN 21  (wakil dari Kwarran Banyumanik) disusul di posisi II dan III oleh Gugus Depan SMPN 18 (Kwarran Ngaliyan)  dan SMPN 1(Kwarran Semarang Barat).  Bagi  pemenang akan mewakili Kwarcab Kota Semarang ke lomba Tingkat IV Kwarda Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2012 mendatang

Kwarcab Tegal Terbitkan Tabloid

Slawi – Dalam rangka menjalin komunikasi dan memberikan informasi perkembangan Kepramukaan di Kabupaten Tegal, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal melalui Bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (Abdimas dan Humas) menerbitkan Tabloid Pramuka.

Read more...

Derap Pramuka Jateng

Saka Wirakartika Perankan Drama Kolosal

20.08.2015

Banjarnegara - Saka wirakartika kodim 0704 Banjarnegara bersama TNI, Polri dan puluhan pelajar memeragakan drama kolosal bertajuk perjuangan rakyat njoho dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Drama kolosal berdurasi 20 menit tersebut disuguhkan pasca upacara per
Penggalang Garuda Kwarcab Tegal Terima Lencana Teladan Nasional

20.08.2015

SLAWI – Pramuka Penggalang Garuda Kwarcab Tegal, Sari Sekar Ayu mendapatkan tanda kehormatan berupa Penghargaan Lencana Teladan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam peringatan Hari Pramuka Ke-54 tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo selaku Ketua Mabinas d
Empat Pramuka Garuda Dilantik, Optimis Rebut Garuda Award

20.08.2015

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas Ir Didi Rudwianto SH, M.Si memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke 54 Tingkat Kabupaten Banyumas sekaligus melantik empat Pramuka Garuda, Jum’at  (14/8) di Halaman Sanggar Bakti Pramuka Purwokerto. Upacara yang diikuti oleh ratusan anggota pram
Kwarcab Kudus Bagi Tajil

11.07.2015

Pembagian Ta'jil Kwartir Cabang Kudus yang dipimpin oleh sekretaris kwarcab kudus kakak effendi, S.Pd bersama anggota Saka se Kudus dan UBALOKA dan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Kudus..... Sebanyak 500 paket ta'jil dibagikan kepada pengendara yang melintas di depan DPRD Kudus dan depan Sanggar Bakti
Kwartir Cabang Sukoharjo Berbagi

11.07.2015

SUKOHARJO, Gerakan Pramuka Kwarcab Sukoharjo akan melaksanakan Aksi Pembagian Takjil Gratis. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Suripman (Waka Abdimas), acara akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Juli 2015 di Bundaran Solo Baru, Grogol. Ketua Kwarcab Sukoharjo, Drs. Haryanto, MM dan Letkol Inf. Riy
Aksi Pramuka Kwarcab Pemalang

11.07.2015

Bismillahirohmaanirrohiim... Salam Pramuka..!! Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, مَنْ فَطَّرَ صَائِماً كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ (ر

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 12 guests and no members online

Follow us

facebook   twitter   buzz