PRAMUKA GROBOGAN WAJIB JAGA KEUTUHAN NKRI

Kegiatan Kepramukaan merupakan Kawah Candradimuka bagi generasi muda untuk mencetak kader pemimpin di masa mendatang, karena generasi muda adalah sebagai ujung tombak generasi penerus. Sebagai generasi penerus, seorang anggota Pramuka harus selalu tertanam jiwa nasionalisme di dalam benak sanubarinya dan wajib menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai peran masing-masing. Di samping itu seorang anggota Pramuka diharapkan menjadi pelopor keteladanan di lingkungan masing-masing serta mampu mengevaluasi diri dan siap untuk menerima masukan dan merubah diri menjadi lebih baik dalam menghadapi tantangan masa depan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh H. Icek Baskoro, SH, Ketua Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada waktu membuka kegiatan dan memberikan materi kepemimpinan dihadapan Pramuka Penegak Grobogan peserta kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) ke III Tahun 2015 yang digelar oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan Sanggar Bakti Kwarcab 11 15 Grobogan pada tanggal 20 s.d 23 Maret 2015. Sebanyak 72 orang Pramuka Penegak utusan Dewan Ambalan Pangkalan Gugusdepan SMA/MA/SMK se Kwartir Cabang 11 15 Grobogan mengikuti perhelatan kegiatan ini. Sementara itu menurut Yogi Prasetyo, Ketua Sangga Kerja Pelaksana dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Grobogan bahwa pelaksanaan kegiatan Dian Pinsat yang digelar oleh Kwarcab 11 15 Grobogan ini sebagai wadah Gladi bagi para pimpinan satuan dari masing-masing ambalan sehingga akan memupuk jiwa kepemimpinan bagi masing-masing peserta. Dengan penyelenggaraan ini, para peserta bisa saling berdiskusi tentang kegiatan di masing-masing satuan Gugusdepannya. Hasil gladi dapat ditranformasikan di ambalan penegak masing-masing. Ditambahkan oleh Yogi, selain materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Ka Kwarcab Grobogan, untuk dapat mengelola ambalannya dengan baik, para peserta juga mendapatkan pembekalan materi tentang tata upacara dalam Gerakan Pramuka, Uji tentang SKU dan SKK, Administrasi Satuan, Musyawarah Amabalan, serta materi lainnya yang menunjang kegiatan dewan ambalan di Gugusdepan yang dengan pemateri oleh andalan cabang Kwarcab 11 15 Grobogan.

SATUKAN LANGKAH, DKR BANJARNEGARA GELAR LDK

Sebanyak 35 orang anggota Pramuka Penegak Pandega perwakilan pangkalan gugus depan SMA/SMK sederajat belum lama ini ( 20-22 Maret 2015 ) mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang digelar oleh Dewan Kerja Ranting Banjarnegara. Kegiatan yang digelar di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara tersebut diisi dengan berbagai Materi teori dan praktek yang berorientasi kepada penanaman pendidikan karekter kepemimpinan. Ketua Kwartir Ranting Banjarnegara, Heri Nurwantoro mengatakan, Latihan Dasar Kepemimpinan tersebut diharapkan menjadi awal dari tumbuhnya tunas tunas muda gerakan pramuka yang akan memandegani kegiatan di pangkalan gugus depan masing masing. “ selain sebagai wahana silaturahmi, kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi tolok ukur dan sharing berbagai pengalaman untuk meningkatkan pendidikan kepramukaan di wilayah Kota “ tandasnya. Acara yang digelar selama tiga hari tersebut diisi dengan sejumlah materi seperti PBB, Semaphore, Problem solving, Kepemimpinan, Tali Temali, dan out bond. Selain itu juga dgelar renungan dan doa bersama untuk kelulusan teman teman kelas XII yang akan melaksanakan Ujian Nasional. Ketua DKR Banjarnegara, Andi Wiyono mengatakan, selain beberapa kegiatan teori, materi lebih difokuskan kepada latihan dilapangan dengan harapan nantinya proses penerapan dilapangan dapat sesuai dengan yang diharapkan sebagai langkah pembinaan di pangkalan. “ LDK tersebut juga bertujuan untuk membentuk mental dan fisik anggota pramuka penegak pandega, dengan mental dan fisik yang kuat nantinya dapat menjadi garda terdepan pembinaan generasi muda “ ujarnya. Dengan waktu yang singkat, peserta diharapkan mampu menyerap segala materi yang diberikan sehingga nantinya mampu diterpakan di pangkalan masing masing dan menjadi motor penggerak pembinaan Kepramukaan agar lebih maju lagi di masa yang akan datang. ( ALWAN / HUMAS KWARCAB )

MENULIS ARTIKEL YANG MENARIK

Karanggeneng (14/3) - Membuat judul yang menarik dan provokatif, membuat gagasan yang menarik dan topik yang spesifik merupakan tips tahapan penulisan yang disampaikan bapak widiyantono salah satu tokoh journalist di Jawa Tengah. "judul yang provokatif akan mempengaruhi minat pembaca" , ujarnya saat menyampaikan materi Penulisan Artikel pada kegiatan Pelatihan Kehumasan Kwarda Jawa Tengah tahun 2015. Tak kalah menarik dengan materi pagi ini, tadi malam juga disampaikan materi tentang press release oleh sekretaris redaksi suara merdeka yaitu Bapak Eko Heri Wijianto. Saat materi tersebut dijelaskan tentang cara membuat press release yang layak untuk diterbitkan di media cetak. "Standar dari masing-masing media cetak tentu saja berbeda", tegasnya saat menanggapi pertanyaan dari salah satu peserta pelatihan. Humas Kwarda Jawa Tengah

30 Sekolah Bregas Adu Prestasi GSAM

SLAWI– Sebanyak 30 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP/MTs tiga wilayah Bregas yaitu Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes beradu prestasi dalam ajang Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) ke – 7 tahun 2015. Perhelatan tahunan yang digelar dalam rangka HUT Ambalan Gajahmada dan Nyi Ageng Serang Gudep Pangkalan SMA Negeri 1 Slawi itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Orgakum, Drs H Agus Subagyo MM mewakili Ketua Kwartir Cabang, Minggu (22/3). Kepala SMP Negeri 1 Slawi, Drs Mimik Supriyatin MM melalui Pembina Pramuka, Dra Nenny Dwi Agustin SH menjelaskan kegiatan GSAM bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan serta kesatuan dikalangan pramuka penggalang dalam kegiatan prestasi. Selain itu juga sebagai ajang pencapaian prestasi bagi para anggota pramuka penggalang di Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes. “Ajang ini juga menjadi sarana pengembangan diri dalam bina satuan bagi Pramuka Penegak SMA Negeri 1 Slawi. Sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ambalan,” katanya. Dikatakan, beragam kegiatan prestasi dilombakan dalam GSAM ke – 7 yaitu Ganas Scout Rally (penjelajahan), Ganas Smart Competition (Rangking satu), Ganas Pionering Competition (Pionering), Ganas Javaneese Competition (bercerita dalam bahasa jawa ngoko alus), Ganas Sout Technology (GST) dan Ganas March Competition (PBB kreasi). “Kegiatan mengambil tema “pramuka cerdas, kreatif dan berbudaya Indonesia”. Tahun ini merupakan peserta terbanyak yakni mencapai 30 sekolah dibanding tahun sebelumnya yang berkisar 20an sekolah,” bebernya Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Drs Agus Subagyo MM dalam sambutannya menegaskan semua materi kegiatan yang dilombakan dalam GSAM bukanlah merupakan tujuan akhir, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan, yaitu untuk mewujudkan kemampuan fisik, pengetahuan, ketrampilan, kedisiplinan pribadi, tanggungjawab dan sikap mental yang mantap bagi peserta. “Dengan demikian, dalam pelaksanaan kegiatan ini saya berharap tetap berpegang teguh pada obyektifitas kenyataan yang ada, terlebih untuk mata lomba dimana penilaiannya dapat dipengaruhi dengan unsur rasa subyektifitas,” tegas Agus. Menurut pria yang menjabat Kepala BLH itu, kegiatan GSAM hendaknya dapat dijadikan sarana untuk mencari dan saling tukar pengalaman, sehingga akan dapat menambah pengetahuan yang belum pernah didapatkan sebelumnya. “Jadikan kegiatan ini untuk saling tukar pengalaman, sehingga akan menambah pengetahuan adik-adik. Kegiatan ini saya nilai sangat bagus, karena mengandung nilai inovatif, edukatif, produktif dan rekreatif,” pungkasnya. (Humas/s@n)

Kwarran Bojong Gelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris

BOJONG – Dalam rangka melatih kedisiplinan peserta didik, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bojong melalui Dewan Kerja Ranting (DKR) Bojong menggelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB). Kegiatan digelar di lapangan olahraga SMA Negeri 1 Bojong, Minggu (8/2) kemarin. Ketua DKR Bojong, Faisal menjelaskan, ajang LKBB bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota Pramuka khususnya Penegak dan Pandega. Selain itu, guna mempererat silaturahim sesama anggota pramuka Penegak Pandega di Kwartir Ranting Bojong. “LKBB diikuti sebanyak 6 tim atau sangga, dimana setiap tim terdiri dari 11 orang termasuk Komandan Pleton,” terangnya. Faisal melanjutkan, 6 tim tersebut berasal dari pangkalan SMA/SMK dan Satuan Karya (SAKA) se wilayah Kecamatan Bojong. “Tim yang ikut terdiri dari SMA N 1 Bojong mengirim 2 tim putra dan putri, SMK Hayim Asyari 2 ti putra dan putri, SMK Al Musyafa mengirim 1 tim campuran dan 1 tim campuran dari Saka Bhayangkara Polsek Bojong,” paparnya. Sementara itu, Ketua Kwarran Bojong, Sugini S.Pd menuturkan LKBB merupakan salah satu metode yang tepat guna mencetak kader muda Pramuka yang siap dan tepat di terapkan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega. “Kegiatan ini sangar bagus dan perlu terus dilaksanakan untuk menciptakan kader-kader pemuda yang disiplin dan pemuda yang berkualitas,” tandasnya Dari ajang LKBB tersebut, berhasil menjadi jawara yakni Tim Saka Bhayangkara Polsek Bojong sebagai juara 1, disusul Tim Putra Gudep SMA 1 Bojong berada diposisi kedua dan Tim Putri SMA 1 Bojong menempati urutan ketiga. “Untuk kategori Komandan Pleton terbaik dinobatkan pada Danton Putri SMA 1 Bojong,” imbuh Faisal. (Humas/s@n)

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 11 guests and no members online

Follow us

facebook   twitter   buzz