Pesantren Pramuka

SLAWI – Dalam rangka mengisi kegiatan bulan Suci Ramadhan 1435 H dan meningkatkan pendalaman spiritual bagi peserta didik, Gerakan Pramuka Gudep Tegal 18.03/18.04 pangkalan SMP Negeri 1 BojongKabupaten Tegal menggelar kegiatan yang bertajuk Pesantren Pramuka. Kegiatan berlangsung selama 2 mulai, Sabtu dan Minggu (19-20/7) di pangkalan sekolah setempat.

Pembina Gudep SMP 1 Bojong, Muhson S.Pd mengatakan pesantren Pramuka merupakan bentuk peningkatan pengamalan Dasadarma yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Bojong sebagai wahana meningkatkan pendalaman spiritual dan keagamaan bagi peserta didik (pesdik) khususnya anggota Pramuka.

Pesantren Pramuka merupakan kegiatan rutin di Gudep SMP 1 Bojong yang dilakukan setiap bulan romadhon dengan materi-materi keagamaan dan materi materi pramuka,” katanya kemarin.

Menurut  Muhson, selain arena bagi siswanya untuk lebih mendalami materi – materi keagamaan, pesantren pramuka juga sekaligus dimanfaatkan sebagai media untuk uji kecakapan khusus (SKK) tingkat madya dan utama bidang keagamaan.

“Pesantren Pramuka juga kita manfaatkan untuk Uji SKK/TKK keagamaan, ini untuk pencapaian  Pramuka Garuda tahun ini,” ujarnya.

Muhson memaparkan, kegiatan diisi dengan beragam materi kepramukaan dan keagamaan berupa tadarus, tausiah, serta solat mahgrib yang dilanjutkan dengan  buka bersama dan shalat tarawih berjamaah.

“Kegiatan juga diisi dengan tadarus, pencerahan keagamaan, dan materi-materi yang disampaikan oleh pembina SMP Negeri 1 Bojong. Selanjutnya pada pukul 03.00, peserta dibangunkan untuk mengikuti shalat malam dan sahur bersama,” pungkasnya.

Kegiatan pesantren pramuka diikuti 102 pramuka yang berasal dari anggota Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Bojong dan sejumlah alumni penggalang yang menambah makin semaraknya kegiatan pesantren  pramuka. (Has@n/Humas)

Pengobatan Gratis Pramuka Peduli

Ungaran – Minggu (20-7-2014) siang yang cerah Kwartir Daeraha Jawa Tengah melalui Pramuka Peduli dan UBALOKA Jawa Tengah bekerja sama dengan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) Melakukan Kegiatan bakti sosial di RT 02/ RW 2 Dusun Gelap, Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Kegiatan bakti Sosial pada bulan romadhon ini berupa Pengobatan Gratis, dengan diberikannya pengobatan gratis ini, tentunya warga tidak perlu khawatir lagi untuk membayar obat yang mereka tebus. Karena pengobatan gratis ini sudah termasuk pemeriksaan dan obat ataupun vitamin.

Para Relawan sangat puas dan senang dengan kegiatan bakti sosial ini. Karena dengan semangat mereka walaupun terlihat cape dan lelah, tapi mereka sangat berantusias dalam membantu memberikan pendaftaran gratis ini. Mereka yang masing-masing berada di meja pendaftaran, meja pemeriksaan, dan tempat pemberian obat tidak henti-hentinya memeriksa warga yang terus berdatangan hingga mendekati waktu berbuka Puasa.

sampai pendaftaran ditutup mendapat hasil akhir 78 warga yang hadir dan ikut dalam pengobatan tersebut. Tapi kami sangat senang dengan hasil yang cukup memuaskan, walaupun tidak seluruh warga bisa mengikutinya setidaknya mereka sangat berantusias dalam mengikuti pengobatan gratis yang diadakan.

semoga kegiatan bakti sosial ini dapat bermanfaat bagi warga di RT 02/ RW 2 Dusun Gelap, Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang serta terus meningkatkan kesehatan yang telah kami anjurkan.

Pengukuhan Pembina Mahir Kwarcab Kendal

KWARDA - Hari ini (19/3/2014) Kwartir Daerah Jawa Tengah Mendapat kunjungan dari para pembina mahir lanjutan Kwartir Cabang kendal.

pada acara tersebut rombongan diterima oleh kak.Hernowo Budi Luhur Selaku waka binawasa di dampingi oleh Kak. Agung Suparyoko selaku Sekertaris kwarda Jawa tengah, pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga acara Pengukuhan Pembina Mahir lanjutan.

Adapun pembina mahir yang dikukuhkan adalah 26 Pembina mahir Penggalang dan 50 Pembina mahir Siaga.

Workshop Evaluasi dan Perencanaan Program Kerja

Semarang, 19/7 - Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Ir. Djoko Sutrisno, Msi selaku waka bidang Organisasi dan Hukum Membuka Workshop Evaluasi dan Perencanaan Program Kerja Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2014 di Gedung Pramuka lt5, jl. Pahlawan No.8 Semarang.

Kegiatan ini sebagai wadah penyampaian perencanaan dan evaluasi kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah yang telah dan akan dilakukan, disamping itu juga disampaikan materi tentang kegiatan kepramukaan disekolah atau yang lagi ngetren dengan sebutan kurikulum 13 oleh dinas pendidikan Provinsi Jawa Tengah Serta dari dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jawa Tengah.

Kwartir Daerah Jawa Tengah sendiri mempunyai kegiatan terdekat antara lain Estafet Tunas Kelapa (ETK) yang merupakan kegiatan Khas Kwarda Jawa Tengah, akan dilaksanakan mulai tanggal 22 s.d 30 agustus 2014 dengan 14 titik Start. HUT Gerakan Pramuka Yang akan diperingati pada tanggal 14 Agustus 2014 dan puncak peringatan akan dilaksankan di Kwartir Cabang Kebumen pada tanggal 30 Agustus 2014 serta JOTA/ JOTI yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 3 Agustus 2014.

Dengan adanya Workshop Peserta yang terdiri dari 3 unsur di 35 kwartir cabang, diharapkan bisa mensinergikan kegiatan yang ada di kwarti Daerah dengan Kwartir Cabang.

hadir pula pada kegiatan workshop Drs. Kartono, M.Pd Selaku Waka Bidang Binamuda, Drs. Hernowo Budi Luhur, SH, M.Si selaku waka Bidang Binawasa, FX. Heru Djatmiko, SH selaku waka Bidang Humas Abdimas, Sekertaris Kwarda dan Andalan Daerah Jawa Tengah.(hum/kwd)

Sosialisasi Pembentukan Gudep Perti Kesehatan

Sosialisasi Pembentukan Gugus Depan Perguruan Tinggi Kesehatan se Binwil Surakarta.
Oleh Kak S. BUDI PRAYITNO (Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah ) & Kak SUHARSI, S.Km., M.Kes. (Ketua Pinsaka Bakti Husada Kwarda Jawa Tengah)

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 5 guests and no members online

Follow us

facebook twitter buzz