Aksi Pramuka Peduli

Aksi Pramuka Peduli membersihkan puing puing kebakaran rumah Ibu Cahyaning Adiarti dan Bapak Susilo Desa Boloh Kecamatan Toroh pada hari Selasa 27 Januari 2015 ...Terima kasih kami ucapkan kepada adik-adik penegak yang tergabung dengan Tim Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan...adik-adik dari Kwaran Toroh, SMA N 1 Toroh, MA Shofa Marwa , TRC Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan...semoga apa yang telah dilakukan adik-adik menjadi amal bakti kita semua....(FB Humas Grobogan)

Ubaloka Banyumas Tingkatkan Kemampuan SAR Air

PURWOKERTO – Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Banyumas, menggelar Latihan Peningkatan Kemampuan (Lakatpuan) Search and Rescue (SAR) Air yang dilaksanakan, Sabtu-Minggu (24-25/1) di Sanggar Bakti Pramuka dan Kolam Renang Hotel Horison Purwokerto. Kegiatan diikuti oleh 37 anggota ubaloka yang terdiri dari 25 putra dan 12 putri dengan instruktur dari DKC dan anggota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kuswanto.(Humas Kwc BMS)

RAKORNIS 2015

SEMARANG - Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2015 secara resmi dibuka oleh Kak. Kwarda Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno M.Si pada Rabu (21/01) di Gedung Pramuka Lt.4 Jl. Pahlawan No. 8 Semarang. Acara pembukaan Rakornis yang turut dihadiri pula oleh Para Waka Bidang dan 70 peserta perwakilan Kwartir Cabang se- Provinsi Jawa Tengah.

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kwartir Daerah Jawa Tengah ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Kwarda Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan pembinaan teknis terhadap Kwartir Cabang.

Tema penyelenggaraan Rakornis tahun ini adalah “Mewujudkan Generasi Muda Yang Berkarakter & Mumpuni”. Tema tersebut diangkat karena mencerminkan sikap dan semangat segenap jajaran Kepramukaan di Jawa Tengah dalam menyatukan tekad dan langkah untuk melakukan introspeksi serta senantiasa melakukan pembenahan dan penyempurnaan kinerja sebagai konsekuensi logis dari upaya meningkatkan Karakter Peserta didik.

Menjadi Pengurus Pramuka Adalah Kerja Pengabdian

DUKUHWARU - Jajaran Mabiran dan Pengurus / Andalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Dukuhwaru masa bhakti 2015 - 2020 resmi dikukuhkan oleh Pengurus Kwartir Cabang. Pengukuhan  digelar di pendopo Kecamatan Dukuhwaru, Kamis (22/01) lalu dan dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR.

Prosesi pelantikan ditandai dengan Pengucapan Janji Trisatya oleh Pengurus Mabiran dan Kwarran yang dilantik dengan dipandu oleh Ketua Kwarcab Tegal dilanjutkan dengan pengucapan Ikrar dan penandatangan berita acara pelantikan oleh Ketua Mabiran dan Ketua Kwarran Dukuhwaru.

Adapun, Pengurus yang dilantik merupakan hasil Musyawarah Ranting (Musran) Dukuhwaru Nopember 2014 lalu, dibawah komando Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Dra Noor Alina Agustini yang juga Camat Dukuhwaru dan Ketua Kwartir Ranting Dukuhwaru terpilih masa bakti 2015-2020 yakni Wasroh S.Pd yang menjabat Penilik UPTD Dikpora Dukuhwaru.

Menurut Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini selaku Ketua Mabiran, menjadi pengurus Gerakan Pramuka merupakan kerja pengabdian. Dimana tonggak pengabdian itu harus dijalani secara ikhlas. “Memang bertepi mudah-mudahan ada manfaat besar dibalik ini semua. Jalani pengabdian menjadi pengurus Pramuka dengan ikhlas,” ujarnya usai dilantik

Alina tak menampik, selaku Camat yang juga menjadi Ketua Mabiran ternyata tugasnya lebih berat, diantaranya memberikan bantuan baik moril maupun materil. “Mari diawali dengan pengukuhan pengurus baru ini juga sebagai pengokohan, jadi supaya lebih kuat dan berdaya guna. Apalagi Dukuhwaru itu diperhitungkan, jadi kedepan harus lebih baik, semangat dan ikhlas,” tukasnya.

 Ketua Kwarran Dukuhwaru, Wasroh S.Pd mengharapkan sumbangsih saran dan bantuan semua jajaran baik Mabiran maupun Kwarran untuk mewujudkan kwarran Dukuhwaru kearah lebih baik. “Kepengurusan baru tentu belum bisa apa-apa, oleh karenanya saya mohon sumbangsih dan saran guna wujudkan Pramuka Dukuhwaru yang lebih baik lagi. Dan kepada pengurus lama, kami menyampaikan terima kasih yang telah mensukseskan kegiatan kwarran Dukuhwaru dari acara musran hingga pelantikan Pengurus baru. trutama kepada pengurus lama,” ungkapnya.

Disisi lain, Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR berpesan kepada pengurus yang baru dikukuhkan untuk mempelajari dan memahami isi Undang undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. "Dengan adanya UU Pramuka tersebut, maka kita dituntut untuk dapat menata organisasi maupun kegiatan sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan," tegasnya.

 dr Djoko yang juga Direktur RSUD Slawi berharap pengurus baru untuk bersama - sama membangkitkan kembali semangat berorganisasi, latihan dan kegiatan Pramuka di seluruh Gugusdepan (Gudep) yang ada di wilayah Kwarran Dukuhwaru agar lebih semarak. "Mari bangkitkan semangat dan kegiatan pembinaan di semua Pangkalan Gudep yang ada. Dan jangan lupa laporkan hasilnya kepada Kwartir Cabang," ujarnya

Untuk itulah, lanjutnya, perlu adanya sinergitas dari semua pihak berupa komunikasi/koordinasi, konsultasi/kolaborasi dan networking/negosiasi atau yang dapat disingkat KKN antara jajaran Mabi, Kwarran dan Gugusdepan (Gudep). "Kepada Mabiran dimohon untuk membantu, memfasilitasi dan membimbing Kwarran sesuai kemampuan yang ada," pintanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Muspika setempat yang juga anggota Mabiran diantaranya, Camat Dra Noor Alina Agustini, Kapolsek, AKP Ketut Wirnita SH, Danramil, Peltu Tansah Widodo, Kepala UPTD Dikpora, Dra Any Tristiani MM, dan sejumlah pengurus Kwarran Dukuhwaru yang dilantik. (Humas/s@n)

LEMBAGA PEMERIKSA KEUANGAN

Semarang – Dalam rangka meningkatkan kwalitas dan kemampuan pengelolaan keuangan tahun 2015, Kwartir Daerah Jawa Tengah hari ini (14-1-2015) menghadirkan Tim LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) yang dibentuk pada saat Musda tahun 2013. Lembaga Pemerisa ini mempunyai tugas memeriksa pengelolaan keuangan baik yang dikelola langsung oleh Kwartir Daerah Maupun unit Usaha Kwarda. Selain tugas tersebut LPK mempunyai fungsi :
a. Pemantau pengelolaan keuangan;
b. Pemeriksa dan pengevaluasi keuangan;
c. Pembina pengelolaan keuangan dan badan-badan usaha

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 12 guests and no members online

Follow us

facebook   twitter   buzz