SAKA TELEMATIKA KWARCAB BANYUMAS DIKUKUHKAN

Setelah setahun merintis berdirinya Saka Telematika, akhirnya Pimpinan Saka Telamatika Kwarcab Banyumas Masa Bakti 2015-2020 dikukuhkan oleh Ketua Kwarcab Ir Didi Rudwianto, SH M.Si, Rabu (20/5) di Pendopo Sipanji Banyumas. Saka Teleamatika merupakan saka baru yang dirintis oleh Kwarcab Banyumas dan merupakan saka telematika pertama di Jawa Tengah dibawah naungan Dinas Perhubugan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas.

Pelantikan saka ini mendapat perhatian dari berbagai pihak dan dihadhiri oleh Bupati Banyumas selaku Ketua Mabicab dan anggota mabicab lain dari Polres, Kodim, Kepala SKPD serta Camat Ketua Mabiran, Generel Manejer Telkom Purwokerto, STT Telkom dan Ketua Kwaran Se Kwarcab Banyumas

Ketua Kwarcab Banyumas menyambut baik keberadaan saka baru ini. Dia mengaku melakukan pemantauan selama setahun terhadap rintisan Saka Kalpataru yang dilakukan oleh Dinhubkominfo. “Setelah berjalan lebih dari setahun dan bisa memberi manfaat untuk anggota pramuka maka baru pada hari ini Pengukuhan Pimpinan Saka dilakukan” kata Didi.

Bupati Banyumas mengatakan ini merupakan inovasi baru pendidikan pramuka di Kwarcab Banyumas. “Sudah sewajarnya kita melakukan dan mempunyai inovasi baru pada gerakan pramuka, karena kita sudah tergiat selama 27 tahun” kata Bupati.

Usai pelantikan, Ketua Pimpinan Saka Kalpataru Puji Prihatini, SH mengatakan pihaknya sangat peduli terhadap pembinaan generasi muda melalui kegiatan Pramuka. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, perkembangan sangat cepat dan memberi pengaruh yang luar biasa pada mental generasi muda. Untuk itulah melalui Saka Telematika generasi muda bisa belajar dan mensikapi secara cerdas dan sehat dalam penggunan teknologi informasi ini” kata Puji.

Selama ini Saka Telematika telah melakukan pembinaan pramuka melalui 4 krida masing-masing Krida Infomatia, Krida Media, Krida Edutaiment dan Krida Telekomunikasi. Pamong saka yang berasal dari berbagai ilmu diharapkan menjadikan pramuka saka telematika dapat memiliki ketrampilan di empat bidang tersebut.

Untuk pangkalan yang sudah bergabung menjadi anggota dan dewan saka berasal SMK N 1, SMA N 2, SMA Al Irsyad, MAN 1 & 2, SMKI Bina Citra Informatika dan Pandega dari Racana Soedirman. “Setelah pelantikan Pinsaka ini kita akan buka anggota baru secara terbuka” lanjut Puji.

Parsito : Ancu Media dan Pers

 

SAKA TELEMATIKA DIDUKUNG TELKOM DAN ST3 TELKOM PURWOKERTO

Keberadaan Saka Telematika Kwarcab Banyumas yang baru dikukuhkan mendapat dukungan dari berbagai Pihak. PT. Telkom Witel Jawa Tengah Barat Selatan (Purwokerto) dan Sekolah Tinggi Teknologi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto adalah pihak yang pertama menyatakan dukunganya. Dukungan ini dituangkan dalam kesepakatan bersama yang ditanda tangani oleh General Manager PT. Telkom Arif Nurjayanto dan Deputi III Bidang Pemasaran dan Kerjasama ST3 Telkom Heru Priyanto, ST, M.BA dengan Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas Ir Didi Rudwianto SH, M.Si dihadapan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Rabu (20/5) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

 

General Manager PT. Telkom Arif Nurjayanto mendukung keberadaan Saka Telematika karena PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai perusahaan yang 51% sahamnya milik pemerintah Indonesia senantiasa berupaya untuk mendukung program-program pemerintah pusat maupun daerah, baik melalui program-program bisnis maupun CSR (Corporate Social Responsibility). “Khusus untuk Saka Telematika, inisiatif ini sejalan dengan salah satu program utama Telkom yaitu Indonesia Digital Network (IDN)” katanya.

 

Dalam program IDN ini, Telkom ingin membangun jaringan fiber yang menghubungkan seluruh Pemkab/Pemkot menggunakan jaringan fiber, menyiapkan konten aplikasi dan menyediakan akses wifi yang terjangkau.

 

Agar IDN ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, Telkom perlu bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk mengedukasi, mengimplementasikan dan memanfaatkan jarigan internet untuk kemajuan masyarakat. “Dalam kerjasama ini Telkom berharap Saka Telematika bersama Telkom dapat mewujudkan sinergi tersebut di lapangan” katanya.

 

Terkait bentuk dukungan yang kan diberikan Arif akan memberi akses internet dengan paket khusus kemudia edukasi layanan-layanan IT maupun Telkom yang dapat membantu pemanfaatan IT. “Penggunaan ruangan untuk edukasi IT juga terbuka untuk Saka Telematika” tambahnya.

 

Hal senada disampaikan oleh Deputi III ST3 Telkom Heru Priyanto, Saka Telematika merupakan program yang sejalan dengan lembaga pendidikannya, untuk itulah pihak kampus dapat membantu melalui kegiatan yang dilakukan mahaiswa maupun dosen dalam melakukan pengabdian masyarakat, sehingga manfaat IT dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat. “Telematika menjadi strategis yang berhubungan dengan pendidikan dan kebutuhan masyarakat” katanya.

 

Heru pun dengan terbuka kalau Kampus ST3 Telkom untuk kegiatan Saka Telematika baik lapangan maupun ruang kelas. “Bilamana diperlukan laboratorium pun kami sediakan” katanya   

 

Ketua Pimpinan Saka Telematika Puji Prihatini sangat menyambut baik dukungan ini dan berharap, dukungan ini akan menjadi bekal awal untuk keberlangsungan saka telematika dalam membina generasi muda dalam pemanfaatan IT secara sehat dan cerdas. 

 

Parsito : Ancu Media dan Pers

 

BUMIJAWA JUARA LOMBA SENAM PRAMUKA

SLAWI – Kontingen Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bumijawa berhasil meraih Juara I dalam Lomba Senam Pramuka Penggalang SD/MI tingkat Kabupaten Tegal tahun 2015 yang digelar di Gedung Indoor GOR Trisanja Slawi, Minggu (26/4) kemarin. “Kontingen Bumijawa meraih skor tertinggi dengan nilai 450,88. Peringkat 2 diraih Kwarran Dukuhwaru dengan nilai 433,16 dan Juara 3 diraih Kwarran Suradadi dengan nilai 430,4. Sedangkan untuk Juara Harapan masing-masing Kwarran Talang sebagai harapan 1 dengan nilai 424,7, Harapan 2 Kwarran Dukuhturi dengan nilai 417,96 dan Harapan 3 Kwarran Margasari dengan nilai 408,8,” beber Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan usai kegiatan kemarin Dia menjelaskan, Lomba Senam Pramuka Penggalang SD/MI tingkat Kwartir Cabang Tegal diikuti oleh 13 Regu perutusan Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal. “Setiap kontingen berjumlah 10 Peserta terdiri dari 5 putra dan 5 putri. Untuk Juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3 berhak atas tropi dan piagam penghargaan dari Kwartir Cabang,” katanya. Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin MSi saat membuka kegiatan mengatakan Pramuka merupakan satu-satunya wadah pembinaan generasi muda yang sah yang bergerak dalam bidang pendidikan non formal, mempunyai kewajiban memberikan perhatian dan berperan dalam menyiapkan generasi muda yang mempunyai watak, karakter dan budi pekerti luhur yang siap aktif membangun masyarakat. “Oleh karena itu, dengan adanya lomba senam pramuka ini diharapkan anak – anak bisa tumbuh sehat dan tidak terlibat tawuran,” tegasnya yang juga Kepala Perpusarda Kab. Tegal. Sementara itu, Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd mengemukakan, lomba senam pramuka bertujuan untuk meningkatkan disiplin, pengetahuan, ketrampilan, kebugaran jasmani dan kerjasama antara anggota Pramuka Penggalang khususnya yang berpangkalan di SD/MI. “Lomba Senam Pramuka ini juga sebagai upaya memantapkan jatidiri dan pengamala Satya Dharma Pramuka dalam kehidupan bermasyarakat. Lewat ajang ini juga dapat terjalin rasa persaudaraan sesama Pramuka Penggalang SD/MI,” ungkapnya. Suharjo menambahkan, materi Penilaian terdiri dari beberapa kriteria antara lain Kebenaran Gerak, Kekompakan, Semangat, Kostum dan Formasi. (Humas)

UBALOKA DITUNTUT PEKA DALAM SITUASI DARURAT

Gerakan pramuka kwartir cabang Banjarnegara, akhir pekan kemarin menggelar kegiatan pendidikan dan Latihan SAR UBALOKA (Unit Bantu Pertolongan Pramuka) angkatan ke tujuh. Kegiatan yang digelar selama lima hari tersebut diikuti oleh 60 peserta perwakilan Pramuka Penegak pandega yang berpangkalan di SMU/SMK/MA sederajat yang dipusatkan di komplek gedung BPBD Banjarnegara.

Ketua kwarcab Pramuka Setiawan mengatakan, UBALOKA merupakan Untit SAR yang dimiliki pramuka jawa tengah dan dikembangkan di seluruh Kabupaten dan telah mendapatkan sertivikasi dari badan SAR nasional. “ saya berharap seluruh peserta mampu memanfaatkan moment langka dan berharga ini untuk menimba ilmu sebaik baiknya, karena ini hanyalah awal dan kulitnya saja untuk masuk dan berkecimpung dalam dunia kemanusiaan khususnya bidang Search And Rescue “ ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Anggota pramuka saat ini dituntut untuk lebih peka dalam kondisi apapun, terlebih wilayah kita adalah daerah yang rawan terhadap bencana alam sehingga perlu mempersiapkan kader kader yang terampil dan menguasai teknik pertolongan pertama dan kedaruratan bencana atau kondisi darurat lainnya yang mengancam masyarakat serta mampu bersinergi membantu pemerintah dalam masa tanggap darurat bencana alam atau keadaan darurat lainnya.

Sementara itu Komandan SAR kabupaten Banjarnegara, Aris Sudaryanto mengatakan Peran UBALOKA diharapkan mampu menjadi garda terdepan dan bersama sama dalam penanganan situasi gawat darurat dan kebencanaan bila sewaktu waktu terjadi. “ fisik dan mental serta semangat yang tinggi harus selalu dijunjung tinggi dalam mengemban misi kemanusiaan, dimanapun dan kapanpun jika dibutuhkan sehingga apa yang kita perbuat untuk misi kemanusiaan senantiasa mendapatkan kemudahan dan tetaplah utuh dalam satu barisan jangan sampai tercerai berai “ ujarnya.

Kegiatan yang berlasung selama lima hari tersebut diisi dengan berbagai materi teori dan praktek yang disampaikan oleh instruktur berpengalan dan handal sesuai bidangnya seperti BPBD Banjarnegara, SAR Kabupaten, Satpol PP, PMI Banjarnegara, dan unsure TNI. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya, orientasi Medan, organisasi penanggulangan Bencana Alam, Navigasi darat, tehnik pencarian Korban, Penganggulangan Gas Beracun, Survival, Pionering, Pertolongan Pertama, Pemadam Kebakaran, Kesamaptaan, dan Water Recue.  Selain itu untuk memperkuat pengetahuan serta evaluasi pelatihan atau orientasi dilapangan, digelar juga gladi posko simulasi tanggap darurat bencana alam korban banyak dengan luka derajat yang bervariasi. Diharapkan dengan simulasi gladi tersebut akan memberikan gambaran tentang  bagaimana teknik pencarian korban, menolong, serta memanage anggota dalam situasi tanggap darurat bencana.

Fasilitator BPBD Andri Sulistyo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kedepan UBALOKA mampu memberikan sumbangsih nyata ditengah kejadian darurat maupun misi kemanusiaan yang ada. “ kegiatan positif ini harus terus dikawal sehingga kader kader muda yang mahir dan terampil dalam bidang Search and resque akan terus bertambah untuk membantu pemerintah bila sewaktu waktu dibutuhkan “ imbuhnya. ( Alwan_humas Kwarcab )

 

BANJARNEGARA TERBAIK SE JAWA TENGAH

Kontingen Kwarcab Pramuka Banjarnegara yang diwakili oleh SDN 1 Kendaga kecamatan banjarmangu dan SDN 1 Mertasari kembali menorehkan tinta emas dalam kegiatan Persari tingkat Provinsi yang digelar di Puskepram Candrabirawa karanggeneng akhir pekan kemarin dengan berhasil mendapatkan beberapa juara di tingkat Jawa Tengah. Pencapaikan hasil tersebut juga menjadi kesan tersendiri karena secara beruntun dan kesekian kalinya Banjarnegara berhasil mempertahankan tradisi juara dalam event serupa. Ketua Kwarcab Pramuka, Setiawan memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas pencapaian yang telah diraih dengan perjuagan tak kenal lelah oleh anak anak pramuka siaga. “ apa yang diraih merupakan hasil dari kerja keras, Latihan dan pembinaan yang tak kenal lelah serta doa dari seluruh warga banjarnegara “ tandasnya. Hasil tersebut diharapkan menjadi semangat dan pelecut untuk lebih meningkatkan lagi pendidikan karakter dan pembinaan gerakan pramuka disekolah, serta menjadi pemicu untuk munculnya prestasi serupa yang diharapkan bisa berkesinambungan dan menular ke tingkat Pengalang, Penegak dan Pandega. Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut,diisi dengan berbagai kegaiatan seperti , Kegiatan Umum (Atraksi Tari Masal, Permainan Besar, Outdor Games), Kegiatan Lomba (Lomba Cerdas Tangkas Pramuka, Pentas Seni), Kegiatan Persaudaraan (Permainan tradisional Gobag sodor, egrang bathok, lompat tali), Kegiatan Rekreatif, serta Pendidikan dan Budaya. Dalam kegiatan yang dilombakan, Kontingen Banjarnegara mampu keluar sebagai pemenang yaki Juara 3 LCT Pramuka Putra, juara 3 Pentas seni Putra serta Juara 1 dan 2 Pentas seni putri. Andalan Binamuda Siaga Sugeng Wiyono Mengatakan, dengan torehan 4 trophy kejuaraan tersebut, kontingen banjarnegara dinobatkan sebagai kontingen terbaik. “ berbekal keyakinan dan usaha pantang menyerah, anak anak siaga kita mampu bersaing dan memberikan yang terbaik meskipun lawan yang dihadapi juga memiliki kemampuan yang hampir merata ” ungkapnya. Parak Iwak Dalam kegiatan Pentas seni, kontingen Banjarnegara membawakan sendratari berjudul parak iwak yang mampu menghipnotis penonton dan memukau juri yang dibawakan apik oleh adik adik siaga kita. “ kami juga membawa unsur ikon pariwisata banjarnegara yang saat ini tengah digencarkan oleh pemkab lewat tarian berjudul parak iwak “ ungkap sungeng. Tarian yang terinspirasi dari nilai sejarah serayu tersebut ternyata mampu membawa kontingen banjarnegara menjadi juara pertama pentas seni putri dan dalam kegiatan upacara penutupan diminta untuk kembali dipentaskan menghibur tamu undangan dan seluruh peserta lainnya. Dengan torehan prestasi tersebut diharapkan gairah pembinaan kepramukaan di banjarnegara terus menggema dan makin ditingkatkan, terlebih kedepan berbagai event tingkat daerah dan nasional akan dilaksanakan seperti Jambore Daerah untuk pramuka penggalang di semarang, Raimuna Daerah untuk tingkat penegak di pekalongan dan perkemahan wirakarya nasional di Nusa Tenggara Barat. ( Alwan_humas Kwarcab banjarnegara )

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 13 guests and no members online

Follow us

facebook   twitter   buzz