Kwarran Bojong Gelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris

BOJONG – Dalam rangka melatih kedisiplinan peserta didik, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bojong melalui Dewan Kerja Ranting (DKR) Bojong menggelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB). Kegiatan digelar di lapangan olahraga SMA Negeri 1 Bojong, Minggu (8/2) kemarin. Ketua DKR Bojong, Faisal menjelaskan, ajang LKBB bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota Pramuka khususnya Penegak dan Pandega. Selain itu, guna mempererat silaturahim sesama anggota pramuka Penegak Pandega di Kwartir Ranting Bojong. “LKBB diikuti sebanyak 6 tim atau sangga, dimana setiap tim terdiri dari 11 orang termasuk Komandan Pleton,” terangnya. Faisal melanjutkan, 6 tim tersebut berasal dari pangkalan SMA/SMK dan Satuan Karya (SAKA) se wilayah Kecamatan Bojong. “Tim yang ikut terdiri dari SMA N 1 Bojong mengirim 2 tim putra dan putri, SMK Hayim Asyari 2 ti putra dan putri, SMK Al Musyafa mengirim 1 tim campuran dan 1 tim campuran dari Saka Bhayangkara Polsek Bojong,” paparnya. Sementara itu, Ketua Kwarran Bojong, Sugini S.Pd menuturkan LKBB merupakan salah satu metode yang tepat guna mencetak kader muda Pramuka yang siap dan tepat di terapkan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega. “Kegiatan ini sangar bagus dan perlu terus dilaksanakan untuk menciptakan kader-kader pemuda yang disiplin dan pemuda yang berkualitas,” tandasnya Dari ajang LKBB tersebut, berhasil menjadi jawara yakni Tim Saka Bhayangkara Polsek Bojong sebagai juara 1, disusul Tim Putra Gudep SMA 1 Bojong berada diposisi kedua dan Tim Putri SMA 1 Bojong menempati urutan ketiga. “Untuk kategori Komandan Pleton terbaik dinobatkan pada Danton Putri SMA 1 Bojong,” imbuh Faisal. (Humas/s@n)

ASAH KEMAMPUAN ANAK MELALUI PESTA SIAGA

Anak-anak Pramuka Siaga dengan usia 7 s.d 10 tahun memiliki  karakter yang positif yaitu senang bermain, bergerak dan bekerja, senang menyanyi, gemar mendengar cerita,  senang bertanya, ingin tahu, ingin mencoba, spontan, lugu, polos, senang bersenda gurau, dan dengan latihan yang rutin di Perindukan Siaga (Gugusdepan) mereka mempunyai multi kemampuan yang luar biasa.

Pemandangan tersebut terlihat pada Gelaran Pesta Siaga Kwartir Ranting Ngaringan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 7 Februari 2015 di Desa Pendem Kecamatan Ngaringan. Sejumlah 37 Barung Putra dan 37 Barung Putri saling menunjukkan bakat dan kemampuannya pada dewan yuri, di kedai gerak dan lagu masing-masing barung tampil memukau menunjukkan kelincahan melakukan atraksinya, usai di kedai tersebut, pindah di kedai bermain peran. Di tempat ini, para barung mampu bermain, beraaksi menceritakan tentang berbagai cerita yang ada di Kabupaten Grobogan. Ada yang bercerita tentang Kisah  Joko Tarub, asal usul Bledug Kuwu dan cerita-cerita yang lain. Selain di kedua kedai (pos) tersebut, masing-masing barung harus menunjukkan kemampuannya juga di kedai Keagamaan, Peduli Lingkungan, Permainan Bola, Bumbung kemanusiaan, Parade Puisi, Ketrampilan Kepramukaan.

Disampaikan oleh Ketua Kwartir Ranting Ngaringan, Suwardi,  bahwa selain untuk menjaring Barung Berprestasi yang akan mewakili Kwartir Ranting Ngaringan pada Pesta Siaga Kwarcab Grobogan tanggal 1 Maret 2015, kegiatan ini diselenggarakan untuk menggiatkan kegiatan Pramuka di Kwarran Ngaringan, dimana dengan diselenggarakannya kegiatan Pesta Siaga di tingkat ranting,  perwakilan anak siaga dari pangkalan SD/MI se Kwarran Ngaringan dapat merasakan aksi dari latihan rutin mereka di Gugusdepan. Dan hal ini akan menjadi kenang-kenangan bagi anak-anak.

Ditambahkan oleh Suwardi, dengan Pesta Siaga, selain melatih kemampuan peserta didik, akan tertanam mental yang bagus, sehingga diharapkan akan membentuk kepribadian yang baik dan berbudi luhur pada anak selalu tertanam. Dihadapan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan)/ Kepala Sekolah SD/MI dan para Pembina Pramuka yang hadir pada penutupan kegiatan Pesta Siaga, Suwardi yang juga Kepala UPTD Pendidikan Kec. Ngaringan menghimbau agar dalam latihan dengan peserta didik Pramuka Siaga untuk selalu  didasari dengan jiwa kasih sayang sehingga akan didapatkan karakter yang baik pada peserta didik, dan juga tidak hanya terampil dalam giat Pramuka tapi berprestasi juga pada bidang yang lain.

Barung Biru Putra dari Pangkalan SD Negeri 2 Ngarap-Arap dan Barung Hijau Putri dari SD Negeri 1 Ngarap-Arap tampil sebagai Tergiat I pada kegiatan Pesta Siaga Kwarran Ngaringan.(Agus-hms)

Orienteering Kepramukaan

Minggu (01/02). Alhamdulillah, serangkaian kegiatan Lomba Orienteering Kepramukaan Kwartir Cabang Semarang telah terlaksana dengan lancar dan tanpa ada suatu halangan yang berarti. Terima Kasih kepada Bupati Semarang Kakak dr. H. Mundjirin ES, SpOG yang telah berkenan membuka kegiatan kami, Ketua Kwartir Cabang Semarang Kakak Dra. Dewi Pramuningsih, M.Pd. beserta jajarannya, rekan2 Baruklinting Dkc Semarang beserta Sangga Kerja yang dengan persiapan yang pas2an mampu melaksanakan kegiatan ini, serta para rekan2 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Kabupaten Semarang yang telah ikut berpartisipasi dan meramaikan kegiatan ini, semoga menjadi pengalaman dan pembelajaran yang berharga kelak dan semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat. smile emotikon
Kami tunggu partisipasi rekan2 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pada kegiatan Raimuna Cabang X pertengahn tahun 2015.
Jaya Baruklinting!!!

Pramuka SBH Jatinegara Gelar PSN

JATINEGARA – Dalam rangka menekan jumlah korban penderita demam berdarah (DB), puluhan anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) pangkalan Puskemas Jatinegara melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  di Desa Tamansari, Jatinegara, Minggu (1/2) kemarin. Hal itu dilakukan juga seiring dengan datangnya musim hujan.  

Kepala Puskesmas Jatinegara, Amat Kiswadi SKM M mengatakan, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bertujuan untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk sehingga mengurangi resiko terjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBB). “Kegiatan ini juga dimaksudkan agar anggota Pramuka Bakti Husada bisa praktek langsung menjadi penyuluh PSN,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan melibatkan sebanyak 20 anggota Pramuka SBH Kwarran Jatinegara Binaan Puskesmas Jatinegara. Dalam aksi Peduli tersebut, anggota SBH menyasar sedikitnya 100 rumah warga di Desa Tamansari. “Ada sekitar 100 rumah warga Tamansari yang menjadi sasaran PSN,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, lanjut Kiswadi, anggota SBH bersama masyarakat juga melakukan gerakan 3M yakni Menguras, Menutup dan Menimbun potensi sarang nyamuk Aedes Penyebab Demam Berdarah. “Dari gerakan 3 M, dilanjutkan dengan pemberian abate secara gratis,” imbuhnya.

Kiswadi menghimbau kepada warga agar rajin untuk membersihkan lingkungan. Selain itu, ia juga minta warga secara rutin menguras kolam tiap satu Minggu sekali. Hal itu untuk menghindari munculnya jentik nyamuk demam berdarah.

Sementara itu, Pamong Saka SBH Jatinegara, Rereb mengungkapkan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan PSN, pihaknya bakal melakukan pendampingan dan pemantauan secara rutin pelaksanaannya di masyarakat.

“Kegiatan ini juga sebagai pengamalan Trisatya khususnya butir 2 yakni ikut membangun masyarakat,” pungkasnya.

Selain melakukan Gerakan PSN, sebelumnya juga dilakukan penyuluhan kesehatan kepada warga masyarakat setempat tentang pentingnya hidup bersih dan sehat (PHBS) dan pembuatan lubang biopori / resapan air. (Humas/s@n)

KWARAN TOROH GELAR PESTA SIAGA

Toroh (01/02/2015). Ratusan anggota pramuka siaga ikuti Pesta Siaga Kwaran Toroh Tahun 2015. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2015 di SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh. Kegiatan yang bertemakan “Siaga Rajin Terampil dan Gembira” ini benar-benar mampu menjadi cermin keceriaan dari para peserta. 68 barung yang berpartisipasi pada kegiatan ini memberi warna coklat muda dan coklat tua.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kamabiran Toroh yang diwakili oleh Drs. Djoko Suprijanto, M.Pd. selaku Wakil Ketua Mabiran. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesta siaga harus dapat digunakan sebagai wahan untuk memperluas pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan ketrampilan, sehingga menumbuhkan semangat juang dan tidak kenal menyerah.  Melalui pesta siaga peserta dididik dan ditempa untuk menjadi pribadi yang unggul dan menjadi teladan di lingkungan sekitar, baik keluarga, sekolah dan masyarakat luas.  

Pada kesempatan lain Ketua Kwaran 15 05 Toroh Hj. Widji Astutik, S.Pd.,M.Pd juga menambahkan bahwa pesta siaga tahun ini diikuti oleh 544 peserta terdiri dari 65 pangkalan SD dan 3 pangkalan MI. Keluar sebagai Juara 1 putri adalah Barung Merah dari SD N 1 Boloh, Juara 2 Barung Hijau dari SD Negeri 2 Depok dan Juara 3 Barung Ungu dari SD Negeri 1 Depok. Juara 1 Putra SD Negeri 2 Boloh, Juara 2 SD Negeri 3 Pilangpayung dan Juara 3 SD Negeri 3 Plosoharjo. Selanjutnya barung tergiat 1 Putra dan Putri akan mewakili Kwaran Toroh di ajang Pesta Siaga tingkat Kwarcab yang akan dilaksanakan pada 1 Maret 2015 mendatang.

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 13 guests and no members online

Follow us

facebook   twitter   buzz