Pengukuhan Pembina Mahir Kwarcab Kendal

KWARDA - Hari ini (19/3/2014) Kwartir Daerah Jawa Tengah Mendapat kunjungan dari para pembina mahir lanjutan Kwartir Cabang kendal.

pada acara tersebut rombongan diterima oleh kak.Hernowo Budi Luhur Selaku waka binawasa di dampingi oleh Kak. Agung Suparyoko selaku Sekertaris kwarda Jawa tengah, pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga acara Pengukuhan Pembina Mahir lanjutan.

Adapun pembina mahir yang dikukuhkan adalah 26 Pembina mahir Penggalang dan 50 Pembina mahir Siaga.

Sosialisasi Pembentukan Gudep Perti Kesehatan

Sosialisasi Pembentukan Gugus Depan Perguruan Tinggi Kesehatan se Binwil Surakarta.
Oleh Kak S. BUDI PRAYITNO (Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah ) & Kak SUHARSI, S.Km., M.Kes. (Ketua Pinsaka Bakti Husada Kwarda Jawa Tengah)

Kemah Bakti Pramuka Peduli

Grobogan - Peringatan Hari Baden Powell kwartir Cabang Grobogan pada tahun ini ada yang berbeda, tidak hanya memperingati dengan mengadakan malam renungan tetapi disertai dengan kemah bakti pramuka peduli, Semangat, kebersamaan, bersatu padu dalam kegiatan ini antara oraganisasi kemasyarakatan dengan pramuka yang dilaksanakan pada hari jum’at s.d minggu tanggal 14-16 maret 2014 tempat Desa Boloh, Kecamatan Toroh, dengan tujuan Mengembangkan potensi Pramuka, baik sebagai pribadi, kelompok, maupun organisasi untuk menyukseskan pelaksanaan upaya pengembangan sumberdaya manusia, Penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup yang diselenggarakan bersama masyarakat, pemerintah, serta lembaga Swadaya dan Organisasi Masyarakat lainnya.

Adapun peserta diikuti oleh beberapa Organisasi antara lain dari kwarran se kabupaten Grobogan 304 orang, Utusan Satuan Karya Pramuka 160 Orang, Karang Taruna 216 Orang, RAPI 8 Orang, PMI 8 Orang, SENKOM 8 Orang, Komunitas GOJEG 8 Orang, Komunitas SAC 8 Orang, Komunitas Sepeda 8 orang, KNPI 8 orang, PMII 8 Orang, IPNU 8 Orang, IPPNU 8 Orang

UBALOKA Siaga Gunung Slamet

SLAWI – Meningkatnya aktifitas Gunung Slamet yang berada pada status Waspada level 2 direspon oleh Pramuka Kwarcab Tegal dengan menyiagakan Personil Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka).

Sekretaris Abdimas Humas Kwarcab Tegal, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MM didampingi Andalan Abdimas, Slamet Sugiarto mengatakan guna mengantisipasi segala kemungkinan akibat bencana yang ditimbulkan terkait  meningkatnya Status gunung Slamet, Kwarcab Tegal menyiapkan Personil Ubaloka yang siap diterjunkan sewaktu – waktu terjadi bencana Slamet.

“Kita terus memantau perkembangan status Slamet dan berkoordinasi dengan pihak terkait baik BPBD, PMI maupun tim SAR Gallawi,” katanya saat apel siaga Ubaloka, Kamis (13/3)

 Dikatakannya, sejumlah personil SAR Pramuka yakni Ubaloka tetap bersiaga dan siap meluncur ke daerah rawan terdampak bencana Gunung Slamet yang berada di wilayah Bojong dan Bumijawa.

"Saat ini kami sudah siaga dan siap meluncur jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk proses evakuasi," ujarnya.

Pb Ancu Humas Kwarcab, Hasan menambahkan, untuk sementara ini, anggota Ubaloka yang beranggotakan sebanyak 20 orang siaga dan stanby di Sanggar Pramuka Kwarcab.


"Mereka telah dilatih dengan kemampuan SAR. Pengalaman mereka antara lain adalah saat bertugas membantu evakuasi meletusnya Gunung Merapi. Oleh karena itu, kami juga telah siap membantu proses avakuasi terkait dengan meningkatnya status Gunung Slamet ini," Pungkasnya. (Humas Kwarcab Tegal)

Enam Barung Maju Korwil Pekalongan

SLAWI - ENAM Barung tergiat 1, 2, dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang digelar di komplek Sekretariat Pemkab Tegal, Rabu (26/2) dipastikan maju ke tingkat Kwarda Jawa Tengah Korwil Pekalongan.

Enam barung tersebut yaitu barung putra berasal dari Kwarran Kramat yang meraih tergiat I, barung Kwarran Lebaksiu tergiat 2 dan Kwarran Talang sebagai tergiat 3. Sedangkan untuk Barung Putri yakni Kwarran Slawi sebagai tergiat 1, Kwarran Kedungbanteng tergiat 2 dan Kwarran Jatinegara yang berada di urutan 3. Sementara untuk predikat Kontingen tergiat diraih oleh Kwarran Kramat dan berhak memboyong Tropi Bergilir Ketua Kwarcab Tegal.

“Keenam barung tergiat tersebut, berhak maju tingkat Korwil Pekalongan 15 Maret 2014 mendatang di Komplek Kabupaten Pekalongan,” kata Ketua Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd kemarin.

Kegiatan Pesta Siaga, sambung Suharjo, diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan, pegetahuan, pengalaman dan ketrampilan peserta didik (pesdik), sehingga dapat mengembangkan kemampuan dirinya.

“Diharapkan adik-adik Siaga mampu mengaplikasikan apa yang diperolehnya dalam kegiatan,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah saat menutup kegiatan menyampaikan terimakasih atas partisipasi Kwartir Ranting (Kwarran) dan semua pihak yang telah turut mensukseskan kegiatan Pesta Siaga Cabang.

“Saya ucapkan terimakasih atas partisipasi kepada jajaran Kwartir Ranting dan semua pihak, sehingga kegiatan berlangsung sukses,” katanya.

 

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 4 guests and no members online

Follow us

facebook twitter buzz