Saka Wirakartika Perankan Drama Kolosal

Banjarnegara - Saka wirakartika kodim 0704 Banjarnegara bersama TNI, Polri dan puluhan pelajar memeragakan drama kolosal bertajuk perjuangan rakyat njoho dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Drama kolosal berdurasi 20 menit tersebut disuguhkan pasca upacara peringatan HUT RI ke 70 dialun alun kota.

Komandan Kodim 0704 Arif Bastari mengatakan, pertunjukan drama kolosal tersebut selain sebagai hiburan bagi peserta upacara juga menjadi titik balik peringatan HUT RI ke 70 bagi warga banjarnegara, antara lain sebagai pemicu dan pematik warga untuk selalu ingat akan sejarah perjuangan bangsa khususnya ditanah gilar gilar.

Drama yang diikuti oleh total 198 pemain dan pengiring tersebut ternyata mampu menghipnotis dan membuat penonton terkesima serta merenung sejenak tentang arti sejarah perjuangan bangsa dalam merebut dan mempertahankan wilayah dan kehormatan bangsa.

Pamong saka wirakartika kodim 0704 Pujiono mengatakan, pertunjukan drama tersebut merupakan instruksi, setiap daerah wajib mementaskan aksi heroic sejarah perjuangan.

“ Aksi warga banjarnegara di tahun 1948 harus senantiasa diingat dan diresapi nilai kejuangannya khususnya bagi generasi muda, agar semangat cinta tanah air tetap terpatri dalam benak sanubari “ ujarnya.

Dia berharap, generasi muda dan pelajar dapat meresapi nilai nilai sejarah perjuangan yang saat ini dapat dilihat dari saksi bisu berupa tugu perbatasan Hindia Belanda-indonesia yang terletak di joho. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarah serta tidak melupakan jasa pahlawannya

“ Dalam waktu yang relatif singkat dan beberapa kali pertemuan peserta atau lakon yang bermain mampu tampil maksimal dan menyuguhkan karakter sesuai kisah aslinya “ tambahnya.

Penggalang Garuda Kwarcab Tegal Terima Lencana Teladan Nasional

SLAWI – Pramuka Penggalang Garuda Kwarcab Tegal, Sari Sekar Ayu mendapatkan tanda kehormatan berupa Penghargaan Lencana Teladan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam peringatan Hari Pramuka Ke-54 tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo selaku Ketua Mabinas di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur Jakarta pada 16 Agustus 2015.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR usai upacara peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di lapangan Pemkab Tegal menuturkan, Lencana Teladan merupakan penghargaan bagi anggota muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai tingkat kecakapan Pramuka Garuda, dan memperlihatkan sikap laku utama yang dapat dijadikan contoh bagi anggota Gerakan Pramuka lainnya.

“Tanda Penghargaan Lencana Teladan seorang pramuka harus mencapai tingkatan tertinggi di golongannnya, yaitu Pramuka Garuda. Sari Sekar Ayu merupakan siswa SMA 1 Slawi yang diusulkan mendapatkan penghargaan tersebut saat duduk di SMP 1 Adiwerna.,” kata Djoko.

Selain itu, kata dia, Sari Sekar Ayu merupakan salah satu Pramuka Penggalang Garuda yang dapat membuktikan selain aktif di kegiatan Pramuka. Ayu juga dapat membuktikan prestasinya di bidang Akademik. Dimana pada saat pengumuman Ujian Nasional di sekolahnya, Ayu berhasil menduduki peringkat 2 dengan perolehan nilai Ujian Nasional 370,5 dengan nilai mata pelajaran matematika sempurna, yakni nilai 10.

“Kami merasa bangga ada salah satu anggota Pramuka Penggalang Kwarcab Tegal yang mendapatkan Lencana Teladan, terlebih langsung disematkan oleh Presiden Joko Widodo, imbuh pria yang akrab disapa Kak Joko itu.

dr Joko Mulyono berpesan agar semua anggota muda gerakan pramuka untuk selalu berprestasi di bidang Kepramukaan, dan juga berprestasi di Bidang Akademik. Jika hal itu bisa dicapai, maka tidak menutup kemungkinan tahun depan siswa asal Kabupaten Tegal bisa meraih penghargaan serupa. ’’Kami berharap para anggota pramuka lainnya bisa mencontoh Sari Sekar Ayu,’’ucap Djoko.

Apresiasi dan ucapan selamat juga diberikan oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono saat upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus di lapangan Pemkab Tegal. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada Sari Sekar Ayu. (Humas/s@n)

Kwarcab Kudus Bagi Tajil

Pembagian Ta'jil Kwartir Cabang Kudus yang dipimpin oleh sekretaris kwarcab kudus kakak effendi, S.Pd bersama anggota Saka se Kudus dan UBALOKA dan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Kudus.....
Sebanyak 500 paket ta'jil dibagikan kepada pengendara yang melintas di depan DPRD Kudus dan depan Sanggar Bakti Pramuka kwartir cabang kudus...... (FB : Humas Kwarcab Kudus)

Empat Pramuka Garuda Dilantik, Optimis Rebut Garuda Award

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas Ir Didi Rudwianto SH, M.Si memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke 54 Tingkat Kabupaten Banyumas sekaligus melantik empat Pramuka Garuda, Jum’at  (14/8) di Halaman Sanggar Bakti Pramuka Purwokerto.

Upacara yang diikuti oleh ratusan anggota pramuka dari berbagai pangkalan di Kota Purwokerto, juga dihadiri oleh Pengurus Kwarcab, Para Andalan Cabang dan Pengurus Dewan Kerja Cabang.

Didi mengatakan upacara peringatan hari pramuka diperingati secara sederhana namun khidmat, dengan diawali rangkaian kegiatan sebelumnya sebelumnya yaitu sarasehan dan ulang janji pramuka yang diikuti oleh ratusan anggota dan pengurus pramuka.  “Kwarcab mempunyai tradisi khusus yaitu peringatan hari pramuka tingkat Kwarcab Banyumas, menggelar apel besar usai apel besar tingkat Kwarda. Rencana apel besar dilaksanakan tanggal 10 September di Alun-alun Purwokerto, karena ada tradisi sebelum apel dilaksanakan parade kejuaraan yang diraih selama setahun sebelumnya” kata Didi.

Didi juga mengajak pada peringatan  hari pramuka ke 54 tahun 2015 yang mengusung tema “pramuka garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda”,  masing-masing Gugus Depan mampu melahirkan putra-putri yang memiliki karakter dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang ada pada kepribadian seorang Pramuka ditengah-tengah masyarakat.

Terkait dengan pengiriman pramuka garuda, Didi menjelaskan Penggalang Garuda Banyumas, kemarin baru pulang mengikuti Jambore Dunia di Jepang. “Saat ini kita akan mengirimkan empat orang pramuka garuda yang mempunyai kecakapan tertinggi, dan berharap akan mengulang sukses seperti tahun lalu dimana kita mengirimkan 4 orang semua mendapat predikat juara” tambah Didi.

Empat orang pramuka garuda yang akan mengikuti  Pramuka Garuda Award tingkat Kwarda pada tanggal 21 - 23 Agustus mendatang di Puskepram Candrabirawa, Karanggeneng Semarang adalah Syarifatul Yasmin Ulfah Penegak Putri SMA N 1 Purwokerto,  Fitriani Nurbaeti Penggalang Putri SMP N 1 Wangon, Wahyu Kodar Ramadan Penggalang Putra SMP N 1 Sumbang  dan Ridho Aji Saputra Penggalang Putra SMP 1 Wangon.

Mereka dipilih melalui seleksi yang diikuti lebih dari seratus anggota pramuka pada tanggal 8 - 9 Agustus lalu melalui Ujian dan Penilaian Pramuka Garuda Tahun 2015 di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Banyumas.

Wahyu Kodar Ramadan salah satu peserta menyatakan kesiapan dirinya mengikuti Garuda Award di Semarang. “Dari seleksi yang dilakukan dan pembekalan yang diberikan serta tradisi juara yang dimiliki Kwarcab, membuat saya bersemangat mengikuti lomba, dengan doa restu para pembina dan pramuka Banyumas saya berharap bisa menampilkan kemampuan maksimal saya dan memberikan kebanggaan untuk semua” kata Kodar bersemangat. (Jurnalist DKC banyumas)

Kwartir Cabang Sukoharjo Berbagi

SUKOHARJO, Gerakan Pramuka Kwarcab Sukoharjo akan melaksanakan Aksi Pembagian Takjil Gratis. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Suripman (Waka Abdimas), acara akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Juli 2015 di Bundaran Solo Baru, Grogol.
Ketua Kwarcab Sukoharjo, Drs. Haryanto, MM dan Letkol Inf. Riyanto, S.IP (Komandan Kodim 0726) Selaku Ketua Mabisaka Wirakartika dijadwalkan akan ikut serta membagikan Takjil Gratis on the road. (FB : Humas Kwarcab Sukoharjo)

Optimized FB Like Box

Kontak Kami

Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah


Gedung Pramuka Lt.5

Jl. Pahlawan no. 8 Semarang

Tel: +(024) 8311163.

Fax: +(024) 8311902.

 

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Admin : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

We have 17 guests and no members online

Follow us

facebook   twitter   buzz