Seputar Berita Kwarcab

Menanti Kiprah Pramuka Garuda Asal Bumi Dawet Ayu

Banjarnegara – Penyelenggaraan forum Pramuka Garuda yang dilakukan Kwartir Cabang Banjarnegara baru-baru ini nampaknya cukup menarik untuk disoroti. Melalui forum yang diselenggarakan pada Jumat s.d. Sabtu (14/9) ratusan Pramuka Garuda Banjarnegara berdikusi dan mencanangkan berbagai program. Hasil dari wacana tersebut akan diusulkan ke Kwartir Cabang kaitannya dengan penyelenggaraan kegiatan kepramukaan khususnya bagi Pramuka Garuda.

Sugeng Wiyono Andalan Kwartir Cabang Banjarnegara menjelaskan, adanya forum Pramuka Garuda merupakan wadah untuk menjawab keresahan-keresahan Pramuka Garuda setelah dilantik. “Agenda ini sebenarnya  tempat untuk menjawab pertanyaan dari mereka sendiri (Pramuka Garuda) bahwa setelah menjadi Pramuka Garuda mereka harus bagaimana.” “Maka semalam itu muncul wacana bahwa ke depan Pramuka Garuda tidak boleh hanya mereka.” “Sehingga kami pun berharap ke depan akan ada Garuda-Garuda lagi di bumi Dawet Ayu yang semakin banyak tetapi tidak dan anti meninggalkan kualitas.”

Sugeng menambahkan, saat ini setidaknya terdapat 202 Pramuka Garuda, mendekati jumlah yang digariskan Kwartir Daerah Jawa Tengah sebanyak 287 Pramuka Garuda. “Masih ada waktu hingga akhir tahun untuk melebih jumlah dari seharusnya.” “Setelah berdiskusi dengan adik-adik, ke depan kami juga berharap akan ada jenis pertemuan baru bagi mereka yang telah mencapai Pramuka Garuda,” jelas beliau ditemui usai upacara Hari Pramuka Tingkat Kwartir Cabang.

Sementara itu Faqih Rifai yang merupakan Pramuka Penegak Garuda asal MAN 2 Banjarnegara mengatakan, forum Pramuka Garuda sangat bermanfaat untuk program Pramuka Garuda ke depan. “Forum ini sangat bermanfaat ya kak, lewat forum seperti ini muncul ide-ide yang fresh untuk program Kepramukaan ke depan,” ujarnya sembari tersenyum ramah.

Tak kalah menarik, prestasi yang telah diraih Pramuka Garuda Banjarnegara dalam Eagle Scout Award (ESA) Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2019 yakni Peringkat 3 Siaga Putri, Penggalang Peringkat 4 dan 6, serta Penegak berada di Peringkat 4. Atas diraihnya beberapa prestasi tersebut, Kwartir Cabang Banjarnegara berencana mengadakan ESA di tingkat cabang. Sehingga nantinya pemenang ESA di tingkat cabang akan diberangkatkan ke Kwartir Daerah. **Rakhmat Nur Ilmi/CJ1104-0003

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top