Dalam menjalankan tugas sebagai wadah pembinaan karakter dan keterampillan hidup, Gerakan Pramauka memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan, kondisi ideal yang diharapkan adalah bahwa Gerakan Pramuka keberadaannya dapat diakui, diperlukan dan dimiliki oleh para pemangku kepentingan Indonesia.
Berangkat dari hal tersebut, Kwartir Nasional menghadirkan motivator dan profesional pemasaran dalam kegiatan Pelatihan Brand Development. Kesempatan yang baik ini tentu saja tidak disia-siakan oleh Kwarda Jawa Tengah, diwakili Andalan Orhum, Kak Agung Hariyadi dan Kak Eka Agustine Kwarda Jawa Tengah mengikuti Webinar Organizational Rejuvenate and People Rebranding pada tanggal 22 Desember 2021 melalui platform zoom meeting.
Acara webinar dibuka oleh Wakil Ketua/Ketua Komisi Kerjasama Dalam Negeri Kak H. Dede Yusuf M. Effendi, S.T., M.Ipol bersama Andalan Nasional beserta staf terkait dan dihadiri oleh sepuluh perwakilan Kwarda terpilih di Indonesia. Adapun narasumber dari Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI) Kak Purwanto Edi dan Kak Ahmad Arwani.
Sesuai UU No.12 Tahun 2010 terkait Gerakan Pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global, termasuk new normal masa pandemi Covid-19.
Bonus demografi Indonesia saat ini perlu kita tangkap dengan baik untuk menuju Indonesia Emas 2045 dimana jumlah penduduk Indonesia didominasi usia muda yang produktif mencapai 144 juta jiwa atau setara dengan 53,7% dari total seluruh populasi penduduk Indonesia.
Kegiatan pramuka yang sudah diperkenalkan sejak dini perlu kita disesuaikan dengan perkembangan zaman agar generasi Indonesia tetap semangat dalam melaksanakan program kepramukaan. Beberapa golongan masyarakat termasuk dikalangan orang tua hanya mengetahui Pramuka adalah kegiatan selingan atau hura – hura, namun tidak memahami apa makna yang dikandung di dalamnya, apabila digali akan menemukan jati diri kita sebagai bangsa yang besar, bangsa yang kuat, dan bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran serta keadilan.
Pada sesi diskusi, kami menyampaikan pendapat terkait inovasi pemberian reward bagi para anggota pramuka agar lebih menarik dan menjadi inspirasi kebaikan bagi pramuka lainnya, serta perlunya promosi kegiatan pramuka melalui audio visual oriented yang menarik ditonton, dilihat dan dipahami. Hasil webinar memberi manfaat kepada kami untuk dapat adaptif, inovatif, komunikatif, dan proaktif menyikapi segala tantangan dan mengambil peluang untuk terus belajar memfasilitasi kebutuhan kepramukaan melalui kerjasama dengan berbagai pihak.