Aktifitas Pramuka

43 Pramuka Penggalang Ikuti Uji Pramuka Garuda

43 Pramuka Penggalang utusan dari MT.s dan SMP se Kwarran Sumbang mengikuti uji Pramuka Garuda. Kegiatan  dilaksanakan di Sanggar Pramuka Kwarran Sumbang komplek kantor kecamatan Sumbang. (Sabtu, 30/11).

Uji Pramuka Garuda ini diikuti oleh utusan SMP Negeri 1 Sumbang sebanyak 17 andik, SMP Muhamadiyah 2 andik, MTs Ma’arif NU Sumbang 5 andik, SMP Negeri 2 Sumbang 6 andik, SMP Negeri 3 Sumbang 4 andik, SMP Negeri 4 Sumbang 4 andik dan MTs Negeri 3 Banyumas di Silado, Sumbang banyumas sebanyak 5 andik jadi total 43 Calon Pramuka Garuda. Dengan Team penguji sesuai SK dari Kwarcab sebanyak 9 orang dari pengurus Kwarran Sumbang.

Sekretaris Bidang BINAMUDA Kwarcab Banyumas Handoko menyatakan bahwa Kwarcab memberikan pembekalan kepada team penilai sebelum pelaksanaan uji Pramuka Garuda di masing – masing Kwarran. ”  kegiatan ini merupakan pengejawantahan dari target kwarda untuk bisa mencetak pramuka garuda sebanyak mungkin di Jawa Tengah. Karena Kwarcab Banyumas merupakan Kwarcab tergiat di Jawa Tengah maka mentargetkan untuk tahun ini sebanyak 4000 pramuka Garuda. Walau targetnya cukup banyak namun diharapkan dalam penilaian tidak asal-asalan, tapi juga jangan terlalu keras.  kalaupun ada kekurangan sedikit adik-adik bisa di berikan kesempatan ataupun remidial dalam waktu yang disepakati.” jelas handoko di sela – sela kegiatan uji Pramuka Garuda di Sumbang.

Pelaksanaan penilaian Pramuka Garuda di Kwarran Sumbang dilakukan dalam dua tahap yaitu tanggal 30 November 2019 untuk penggalang SMP/MTs dan tanggal 7 Desember 2019 untuk Siaga SD/MI . Dalam sambutan pembukaan ketua Kwarran Sumbang Agus Supriyono S.Pd mengharapkan masing-masing Gudep untuk bisa mengikutkan anak didiknya.  ” Sebisa mungkin prosesing penilaian untuk dilaksanakan secara benar sesuai prosedur dan adik-adik untuk bisa mengikuti dengan serius, sungguh-sungguh, semangat dan jangan takut atau tegang.” ungkapnya lebih lanjut.

Pelaksanaan pengujian di bagi dalam lima bidang yaitu SKU, SKK, Hasta Karya, surat keterangan berkepribadian baik, dan kemampuan TIK.
Menurut Riris  salah satu perwakilan dari MTs Negeri 3 Banyumas menyampaikan kesannya sangat senang, bangga dan agak berat tanggungjawabnya jika nanti bisa di lantik dan dikukuhkn sebagai salah satu Pramuka Garuda, karena karakter kesehariannya harus bisa mencerminkan anak yang baik dan menjadi panutan bagi masyarakat. (CJ-1102/Ery)

Medsos Kwarda Jateng

KWARDA JAWA TENGAH

KONTAK KAMI

Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah
Gedung Pramuka Lt.5 Jl. Pahlawan no. 8 Semarang
Tel: +(024) 8311163 dan Fax: +(024) 8311902

Email: humas.kwardajateng@yahoo.co.id
Admin: pramukajateng1@gmail.com

To Top