Tujuan gerakan pramuka adalah membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. Tentunya untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan sinergitas antara anggota muda dan anggota dewasa Gerakan Pramuka.
Lahirnya anggota muda yang mampu untuk mewujudkan tujuan tersebut tentunya ada peran seorang anggota dewasa (pembina Pramuka). Perannya adalah membimbing peserta didik agar benar-benar menjadi generasi muda yang memiliki karakter unggul. Untuk melahirkan peserta didik yang baik tentunya terlebih dahulu pembina Pramuka harus mampu menjadi role model (teladan). Agar ia lebih mudah dalam membina peserta didik. Salah satu wadah Pendidikan dan pelatihan itu ialah Gelang Ajar.
Lomba Tingkat 4 Kwarda Jawa Tengah tahun 2022 ini juga bukan hanya bertujuan menjadikan peserta yang lebih berkualitas, tetapi juga membekali para pembina pramuka agar setelah kegiatan ini pengetahuan dan keterampilan mereka dalam membina peserta didik lebih meningkat.
Dalam gelang ajar yang digelar pada hari ketiga (Rabu, 30 November 2022) di aula B Puskepram Candrabirawa ini, para peserta mendapatkan materi dari kepala Pusdiklatda Jawa Tengah, Kak Mulyono, S.Pd., M.Si.
Ia menyampaikan tentang pentingnya peran pembina Pramuka dalam membentuk karakter peserta didik.
“Seorang pembina Pramuka itu juga berperan sebagai Peran Pembina, sebagai orang tua, Guru, Kakak, Mitra atau teman, Konsultan, Motivator.” Ucap Kak Mung sapaan akrab Kak Mulyono.
Untuk melahirkan peserta didik yang cakap dan terampil maka seorang pembina juga harus bisa memanfaatkan dengan baik kurikulum dalam Pendidikan Kepramukaan, yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus (SKK), Syarat Pramuka Garuda (SPG). SKU, SKK, SPG merupakan satu kesatuan yang sangat efektif dalam membentuk karakter peserta didik sesuai tujuan Gerakan Pramuka.
Pengetahuan tentang fundamental Gerakan Pramuka juga menjadi hal mutlak yang perlu dipahami seorang pembina Pramuka. Dari sinilah salah satu faktor untuk menjadikan ia seorang pembina yang baik.