Lintas Pramuka Jateng

PRAMUKA TANAM 2000 POHON DI ALAS KALIUNG

Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas menyelenggarakan kegiatan Penanaman 2.000 pohon di Alas Kaliung Desa Tlaga Kecamatan Gumelar Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang berasal dari berbagai komunitas.(Minggu, 22/12).

Wakil Ketua Bidang Humas Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie menjelaskan bahwa kegiatan Reboisasi ini bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan tiga mata air yang ada di sekitar desa Tlaga Gumelar. “ Dari 27 kecamatan yang ada di Banyumas 19 kecamatan masuk daerah merah yang rawan kekeringan dan salah satunya adalah desa Tlaga . Dengan penghijauan ini kedepannya dampak kekeringan bagi desa Tlaga dan desa – desa lain yang berada disekitarnya dapat dikurangi,  Selain itu lokasi alas kaliung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam.  Insya Allah Pramuka Banyumas akan selalu berada dibarisan terdepan untuk ikut berpasrtisipasi dan mendukung dalam kegiatan seperti ini “ jelasnya disela – sela kegiatan.

ketua Satgas  PRAMULI Kwarcab Banyumas Heriana Adi Candra, menjelaskan bahwa kegiatan penanaman 2000 pohon ini diikuti oleh  300 peserta, yang berasal dari  SRC PB Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Unit Pramuli Gumelar, Unit Pramuli Ajibarang, Tagana Banyumas, Forkompincam Gumelar, Perhutani KPH Banyumas Barat,  Pemerintah Desa Tlaga, LMDH desa Tlaga,  Destana Desa Tlaga, RAPI Gumelar, Linmas Desa Tlaga, Karang Taruna, Pramuka SMA PGRI Gumelar, Pramuka SMPN 1 Gumelar, Komunitas GATRA dan masyarakat desa Tlaga.

“ Terimaksih Kepada Dinas Lingkungan Hidup Banyumas, BPBD Kabupaten Banyumas, Perhutani KPH Banyumas Barat, Tagana Kab. Banyumas, PT. BPR BKK Cabang Gumelar, Bank Surya Yudha Gumelar, Baznas, BRI Cabang Ajibarang, Dompet Duafa, KPRI Guru Gumelar, Bank Jateng,  Kwarran Gumelar, LMDH Gumelar, Polsek Gumelar, Koramil Gumelar dan semua pihak. Terimakasih atas semua dukungan dan suport baik dalam  pengadaan pohon serta bantuan lainnya. sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, kedepannya kerjasama ini akan  kami jalin terus” tambahnya.(CJ-1102/TumenGGung)

To Top